Cewek Belok Sembarangan Hampir Tertabrak, Ingat Lagi Cara Menikung

Kompas.com - 31/10/2021, 17:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor sedang berboncengan nyaris tertabrak oleh pengendara lain saat belok di tanjakan.

Dalam video yang diunggah Agoez Bandz, pengendara motor perempuan mengambil jalur kanan atau sisi luar jalan, bukannya di jalurnya yang berada di sisi kiri atau bagian dalam jalan.

Alhasil motor dari arah berlawanan yaitu turunan jadi "kagok" untuk mengindar. Walaupun akhirnya dalam video pengendara motor tersebut berhasil mengerem sebelum tabrakan.

Baca juga: BMW Motorrad Rilis Keluarga Baru K-Series

https://www.instagram.com/p/CVpwgXuDSxW/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Entah apakah pemotor yang boncengan tidak tahu jalur yang benar atau tidak, tapi kejadian pemotor memakan jalur orang lain saat belok bukan kasus baru.

Untuk Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani kembali mengingatkan, ada tiga gaya menikung saat berkendara. line in the bike, line out the bike dan line with the bike.

“Line in the bike maksudnya postur tubuh pengendara lebih miring dibanding motornya. Gaya ini biasa digunakan saat balapan MotoGP, road race dan sebagainya,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Line in the bike dilakukan karena kecepatan balapan di tikungan yang tinggi. Jika tidak pakai gaya seperti itu maka motor akan terlalu melebar sehingga mengurangi catatan waktu.

Baca juga: Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1

Tips cara belok pakai motor trailFoto: Yamaha Indonesia Tips cara belok pakai motor trail

Kedua yaitu line out the bike, gaya ini biasa digunakan saat berkendara motocross, trail dan sebagainya. Postur tubuh pengendara lebih tegak dari motornya.

Berbeda dengan balapan di aspal, medan jalan motocross merupakan tanah.

“Berbeda dengan motocross, walau kecepatannya tinggi juga, kondisi trek dan motor yang digunakan tidak dapat melakukan gaya line in, jadi harus line out," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.