Viral, Video Pengendara Motor Berlagak ala Superman di Jalan Raya

Kompas.com - 31/10/2021, 17:01 WIB
Pengendara motor berlagak ala Superman di jalan raya instagram.com/agoezbandz4Pengendara motor berlagak ala Superman di jalan raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi beberapa pengendara motor di sebuah ruas jalan raya.

Video tersebut diunggah oleh akun instagram Agoez Bandz4, Sabtu (30/10/2021).

Dalam rekaman itu, terlihat beberapa pengendara motor yang hendak melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya. Beberapa d iantaranya bahkan mengendarai sepeda motornya dengan gaya Superman terbang.

Baca juga: Joan Mir Sebut Sangat Sulit Menyalip Ducati di Trek Lurus

Meski kondisi jalan terlihat cukup sepi, hal ini semestinya tidak dilakukan. Jika hilang kendali, pengendara motor tersebut bisa saja mencelakai dirinya dan orang lain.

Terkait hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengendara motor seperti itu tidak paham bahaya adalah pangkal dari kecelakaan.

“Mereka tidak dibekali dengan pengetahuan berlalu lintas yang benar sehingga banyak melakukan pelanggaran-pelangggaran,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official 2 (@agoezbandz4)

Menurut Sony, kebanyakan kepemilikan SIM (Surat Izin Mengemudi) pengendara seperti itu hanya sebatas "punya" tidak tahu akan ada beban tanggung jawab yang harus ditaati.

“Tidak banyak yang tahu bahwa dalam berkendara itu harus menguasai operasional yang benar dan dengan perilaku yang aman, 2 hal ini wajib dipraktikan,” kata dia.

Baca juga: Terjadi Lagi Mobil Halangi Ambulans, Kali ini Pelat Merah

Kemudian, Sony melanjutkan, penegakan hukum mutlak harus ditegakan pada setiap sudut lalu lintas yang bahaya tanpa terkecuali.

“Itu kenapa di kita (Indonesia) ada "kawasan tertib berlalu lintas”, sehingga banyak yang menterjemahkan selain lokasi itu tidak perlu tertib. Ini yang harus dipertanyakan komitmennya,” kata Sony.

Selain itu, banyaknya pelanggaran seperti ini lantaran nasib masib menjadi asumsi ketika terjadi kecelakaan, sehingga banyak pengendara yang cuek dengan insiden kecelakaan yang sudah terjadi.

“Maka dari itu, hal tersebut harus menjadi perhatian penting para pengguna jalan raya apalagi bagi mereka yang mengemudikan kendaraan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.