Apa Pelumas Paling Tepat untuk Rantai Sepeda Motor?

Kompas.com - 31/10/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi merawat rantai motor Dok. AHMIlustrasi merawat rantai motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik sepeda motor, tentu paham bahwa rantai gir berperan penting dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang sebagai penggerak. Oleh sebab itu rantai perlu rutin diberi pelumas.

Ada beberapa jenis pelumas yang umum jadi pilihan untuk melumasi rantai, seperti oli mesin bekas, cairan penetrant, dan cairan khusus pelumas rantai alias chain lube.

Sebagian masyarakat memilih oli bekas untuk melumasi rantai sebab selain murah atau bahkan gratis, oli bekas dinilai lebih awet karena tidak mudah hilang saat terkena air.

Baca juga: Valentino Rossi Pastikan Tetap Balapan Tahun Depan

Padahal oli bekas mengandung partikel residu bekas pemakaian sehingga kurang cocok jadi pelumas rantai.

Rawat rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumahIstimewa Rawat rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jika kita melumasi rantai menggunakan oli bekas maka dapat mengakibatkan rantai cepat panas, karena kotoran dan debu mudah menempel dan lain sebagainya," ujar Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong Asep Suherman kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lantas untuk cairan penetrant, dikhawatirkan bisa membuat lapisan grease pada gir rantai ikut larut. Hal ini menyebabkan gesekan antara rantai dengan gir jadi lebih berat.

Baca juga: Mau Pelihara Toyota Veloz GR Limited, Siapkan Rp 1,3 Juta Per Bulan

Meski begitu, jika sifatnya mendesak, kedua jenis pelumas tersebut dapat dimanfaatkan. Namun perlu diingat baik oli bekas maupun cairan penetrant tidak direkomendasikan menjadi pelumas rantai untuk jangka panjang.

Suherman lebih merekomendasikan untuk menggunakan chain lube sebagai pelumas rantai. Sebab cairan ini memang diproduksi untuk tujuan tersebut sehingga sudah didesain sedemikian rupa agar cocok dengan sistem kerja rantai.

"Karena di dalamnya (chain lube) terdapat zat kimia yang bukan hanya melumasi tetapi juga untuk menahan gesekan agar tidak cepat aus dan tidak mengakibatkan debu serta kotoran menempel berlebihan,” kata Suherman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.