Bisnis Rental dan Lelang Kendaraan Mulai Tumbuh di Masa Pandemi

Kompas.com - 31/10/2021, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) emiten transportasi dan logistik, berhasil bukukkan pertumbuhan kinerja hingga di atas 50 persen pada kuartal III-2021.

ASSA mencatatkan mengalami kenaikan pendapatan sebesar 61,6 persen dari periode yang sama di tahun 2020 atau mencapai sebesar Rp3,5 triliun.

Sedangkan laba bersih tercatat sebesar Rp69,4 miliar atau tumbuh sebesar 233,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Sampai kuartal ketiga ini, kami masih mampu mencetak kinerja di atas 50 persen, di mana pendapatan dan laba masih bisa bertumbuh. Kami optimis pencapaian ini akan berlanjut hingga akhir tahun, di mana awalnya kami menargetkan pendapatan ASSA tumbuh 25-30 pesen di tahun ini,” ucap Hindra Tanujaya, Direktur Keuangan ASSA, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (31/10/2021).

Baca juga: Joan Mir Sebut Sangat Sulit Menyalip Ducati di Trek Lurus

Hindra melanjutkan, pertumbuhan pendapatan dan laba berasal dari kinerja yang baik dari lini bisnis delivery express Anteraja serta pilar bisnis lain yaitu bisnis rental dan lelang kendaraan.

Hingga Kuartal III-2021, Anteraja berhasil tumbuh 269,8 persen, bisnis rental bertumbuh 4,2 persen, sedangkan bisnis lelang kendaraan tumbuh sebesar 3,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020.

JBA IndonesiaJBA Indonesia JBA Indonesia

Lebih lanjut, Prodjo Sunarjanto, Presiden Direktur ASSA menambahkan bahwa selain Anteraja, ASSA juga terus mendorong kinerja dari pilar bisnis lainnya. Di mana tercatat hingga September 2021, ASSA mampu menjual mobil melalui lelang sekitar 31.000 unit, serta motor sekitar 44.000 unit.

Sementara dari bisnis rental, juga masih konsisten bertumbuh dengan jumlah armada tercatat sebanyak 26.658 unit hingga Kuartal III-2021, atau bertambah sebanyak 1.524 unit dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca juga: Terjadi Lagi Mobil Halangi Ambulans, Kali ini Pelat Merah

“Pertumbuhan bisnis rental ASSA juga sejalan dengan mulai meningkatnya permintaan perusahaan untuk kendaraan operasional, sedangkan pertumbuhan bisnis lelang didorong oleh kegiatan lelang hybrid yang dikembangkan oleh JBA sejak pandemi Covid-19,” ucap Prodjo.

Selain terus mendorong kinerja, ASSA juga secara konsisten menerapkan prinsip Environmental Social and Governance(ESG).

Prinsip ini menjadi poin penting, di mana dalam menjalankan bisnisnya ASSA telah menerapkan bisnis berkelanjutan seperti penggunaan solar panel, penggunaan air daur ulang untuk pencucian mobil, serta penggunaan motor listrik untuk operasional Anteraja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.