Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2L CVT ADV

Kompas.com - 31/10/2021, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tentang eksterior, interior, fitur, serta impresi berkendara, kini saatnya tim redaksi melirik konsumsi atas bahan bakar dari Daihatsu Rocky saat mengajak mobil ini berjalan-jalan di dalam kota.

Untuk diketahui, Daihatsu Rocky 1.2L CVT ADV ini mengusung mesin baru berkode WA-VE 3 silinder yang memiliki perfoma jauh lebih baik dibanding 1.200 cc.

Melihat dari data spesifikasi yang ada, secara output Rocky 1.200 cc memiliki tenaga 88 Ps atau 86,7 tk pada 6.000 rpm.

Baca juga: Joan Mir Sebut Sangat Sulit Menyalip Ducati di Trek Lurus

Dari pengetesan yang dilakukan tim redaksi Kompas beberapa waktu lalu, perfoma transmisi CVT Daihatsu Rocky ini cukup responsif terutama di jalanan perkotaan.

Saat berada di kemacetan, mobil ini juga cocok menghadapi kondisi stop and go, apalagi sisi handling juga tergolong nyaman.

Walaupun tidak dilengkapi turbo, ketika pedal gas di injak, tenaganya langsung terisi.

Rata-rata konsumsi bahan bakar Daihatsu RockyKompas.com/ApridaMegaNanda Rata-rata konsumsi bahan bakar Daihatsu Rocky

Dari hasil pengujian singkat yang dilakukan tim redaksi di dalam kota dengan kondisi jalan yang bervariasi, mulai dari kemacetan Ibu Kota hingga lancarnya jalan tol, konsumsi BBM rata-rata Daihatsu Rocky 1.2L terbilang cukup irit, yakni mencapai 14,5 km per liter.

Catatan tersebut berdasarkan MID dengan jarak total mencapai 138 kilometer. Adapun kecepatan rata-rata yang dilakoni adalah 40 kpj sampai 110 kpj.

Baca juga: Bedah Fitur Daihatsu Rocky 1.2 L ADS

Beberapa faktor yang memengaruhi konsumsi bahan bakar mulai dari gaya berkendara, kondisi jalan, bahan bakar yang digunakan, bobot kendaraan, beban yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Meski tak segalak mesin turbo 1.000 cc, namun respon yang diberikan dari mesin 1.200 non tubro ini juga tak kalah menarik dan masih fun to drive. Jika Rocky 1.000 cc turbo menjawab kebutuhan soal perfoma, Rocky 1.2L lebih kepada efisiensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com