Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Microfiber Wajib Dicuci Usai Pakai

Kompas.com - 30/10/2021, 11:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pemilik, penggunaan lap microfiber sebagai kelengkapan untuk merawat kebersihan mobil jadi sesuatu yang kerap dilakukan. Bahkan bagi sebagian orang, lap microfiber jadi salah satu alat yang wajib dimiliki.

Pada dasarnya microfiber merupakan salah satu jenis material kain yang diklaim paling efektif untuk membersihkan dan mengelap bodi kendaraan. Material kain ini dipercaya tidak meninggalkan bekas lecet halus, berbeda dengan jenis kain lainnya.

Sifat serat sintetis pada microfiber bisa juga dimanfaatkan sebagai piranti untuk mengaplikasikan wax pada bodi kendaraan. Namun perlu diingat bahwa kain ini juga memiliki masa pakai yang terbatas.

Baca juga: Belajar dari Kasus Truk Tabrak Anggota Patwal di Tol Cikampek

Sayangnya, masih umum ditemui pemilik hanya fokus merawat mobilnya lantas tidak memperhatikan kondisi lap microfiber itu sendiri.

Bersihkan mobil usai kehujananKompasOtomotif Bersihkan mobil usai kehujanan

Sales & Marketing Director Global Auto Internasional Andy Hartono mengatakan bahwa lap microfiber akan tidak optimal saat digunakan jika tidak dirawat dengan benar.

"Terutama harus sering dicuci baik sebelum maupun sesudah memakainya. Termasuk kalau baru beli, ada baiknya dilakukan pencucian dahulu," kata Andy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Setiap Mobil Wajib Sedia APAR, Ini Aturannya

Ia menjelaskan bahwa mencuci microfiber tidak sulit. Sebab cukup dibasuh dengan air bersih saja. Mencuci microfiber tidak membutuhkan detergen atau zat kimia pembersih lainnya. Tidak perlu juga menggunakan mesin cuci.

"Bisa juga direndam pakai air hangat. Lalu simpan kain, jangan sampai menjadi kering," ujar Andy menambahkan.

Usahakan agar lap microfiber tidak terlalu kering. Sebab mengelap kendaraan menggunakan microfiber dengan kondisi seperti itu berisiko menimbulkan goresan halus pada bodi.

Disarankan juga bagi pemilik kendaraan untuk memiliki lebih dari satu lap microfiber. Hal ini bertujuan agar proses membersihkan mobil lebih optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com