Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Yamaha Ungkap Kemenangan Lorenzo di 2015 Tidak Bisa Dinikmati

Kompas.com - 29/10/2021, 19:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum Fabio Quartararo jadi juara dunia MotoGP 2021, terakhir kali Yamaha merayakan momen serupa adalah pada 2015. Saat itu, Jorge Lorenzo yang menjadi juaranya.

MotoGP 2015 bisa dikatakan sebagai musim yang paling intens. Selain ketatnya persaingan antara Lorenzo dengan Valentino Rossi hingga seri terakhir, perselisihan antara Rossi dengan Marc Marquez juga mewarnai musim tersebut.

Baca juga: Lorenzo Sebut Dia dan Rossi Ibarat Ayam Jantan dalam Satu Kandang

"Saat itu, kami menyelesaikan kejuaraan dengan Lorenzo dan Rossi di dua tempat pertama. Tapi sejujurnya, itu sangat rumit. Kami tidak pernah bisa menikmatinya, karena segala kontroversi pada saat itu," ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Kamis (28/10/2021).

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi saat masih menjadi rekan setim di Yamaha pada periode 2013-2016.JOSE JORDAN/AFP PHOTO Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi saat masih menjadi rekan setim di Yamaha pada periode 2013-2016.

Atmosfer tersebut sangat berbeda jika dibandingkan dengan situasi sekarang. Quartararo menjadi juara dunia setelah persaingannya yang ketat dengan pebalap Ducati, Francesco Bagnaia.

"Kali ini, sangat jelas. Fabio Quartararo pantas mendapat gelar dan kami sangat senang. Gelar ini terasa sangat baguus," kata Lin Jarvis.

Baca juga: Lorenzo Ungkap Alasan Pebalap Yamaha Lainnya Tak Bisa Sekencang Rossi

Lin Jarvis menambahkan, butuh waktu enam tahun dan energi serta usaha yang besar untuk mencapai titik ini. Menurutnya, Quartararo sangat kencang dan sangat konsisten sepanjang musim. Pebalap Prancis itu juga selalu meraih poin meski sedang mengalami hari yang buruk.

Hasil MotoGP, Quartararo juara dunia: pebalap Yamaha Fabio Quartararo (tengah) merayakan gelar juara dunia MotoGP di podium pada 24 Oktober 2021 setelah MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia.AFP/ANDREAS SOLARO Hasil MotoGP, Quartararo juara dunia: pebalap Yamaha Fabio Quartararo (tengah) merayakan gelar juara dunia MotoGP di podium pada 24 Oktober 2021 setelah MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia.

Kemenangan Quartararo ini juga diakui oleh para rival-rivalnya. Tak sedikit yang mengucapkan selamat, termasuk Bagnaia dan para bos Ducati, yang merupakan rival terdekatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com