Hati-hati Modus Penipuan Jual Beli Mobil Bekas Murah

Kompas.com - 28/10/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi jual beli mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi jual beli mobil


JAKARTA, KOMPAS.com - Berkembanganya platform digital saat ini memudahkan calon konsumen untuk mencari kendaraan yang diinginkan. Termasuk membeli mobil bekas sesuai incaran dengan dana yang ada.

Namun, kemudahan ini disertai dengan risiko yang besar, salah satunya adalah modus penipuan pembelian kendaraan secara online.

Seperti video yang viral di media sosial baru-baru ini. Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @forumwartawanpolri, diketahui seorang pria berbaju merah tengah melakukan Cash On Delivery (COD) pembelian mobil Toyota Innova.

Baca juga: Pemenang Video Vokasi Siswa SMK Otomotif AHM

Pria tersebut diiming-imingi mobil dengan down payment (DP) murah yakni Rp 50 juta. Namun setelah memberikan uang, pembeli tersebut malah ditarik ke dalam mobil oleh pelaku dan merampas handphone milik korban.

Pria yang mengenakan celana pendek itu terlihat memberontak dan berteriak, hingga beberapa kali dipukuli oleh pelaku saat menolak untuk masuk ke dalam mobil.

Warga yang berada disekitar dan melihat kejadian itu pun turut membantu dan menengahkan peristiwa tersebut, hingga akhirnya penjual mengembalikan uang dan ponsel milik pembeli. Tak berselang lama polisi pun datang dan mengamankan ketiga penjual tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Forum Wartawan Polri (FWP) (@forumwartawanpolri)

Berkaca dari kejadian tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan calon konsumen untuk menghindari mendapat pengalaman buruk saat mencari mobil bekas di situs jual beli online.

“Poin pertama yang harus dilakukan adalah melihat iklan lalu kemudian cek harganya. Apakah masuk akal atau tidak. Kalau harga terlalu murah atau di bawah pasaran, patut dicurigai,” ujar Agung Iskandar, Director of Classified & New Business OLX, belum lama ini kepada Kompas.com.

Menurut Agung, konsumen wajib sadar dengan harga bekas mobil inscaran berada pada rentang harga tertentu. Ini untuk menghindari pembelian di luar harga yang dijual penjual nakal.

“Istilahnya jangan tergiur harga murah. Justru harus curiga. Biasanya penjual lakukan untuk menarik minat konsumen melihat iklan miliknya,” kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.