Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pembatasan Mobilitas Berlaku saat Libur Nataru? | Tilang Uji Emisi Kendaran Berlaku 13 November 2021

Kompas.com - 28/10/2021, 06:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI tengah bersiap melakukan pengendalian mobilitas masyarakat daengan pengetatan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 usai masa Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kesiapan itu dari aspek keselamatan, kelaikan, kondisi kesehatan para SDM transportasi, dan aspek penting lainnya.

Hal tersebut juga mengingat upaya pemerintah dalam mengendalikan kasus Covid-19 sampai saat ini sudah berjalan baik sehingga jangan sampai terjadi kenaikan kasus usai libur Natal dan Tahun Baru.

“Semua pihak harus belajar dari negara-negara lain, yakni Tiongkok, Inggris, Jerman, dan beberapa negara lainnya, yang mengalami gelombang ketiga kasus Covid-19,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Hanya saja, ia belum mengatakan secara rinci bagaimana ketentuan untuk pembatasan terkait.

Selain itu, artikel mengenai tilang uji emisi mobil dan motor yang berlaku di 13 November 2021 mendatang juga menarik perhatian pembaca. Pasalnya, seluruh kendaraan akan dikenakan sanksi tilang hingga Rp 500.000 bagi yang abai.

Rinciannya, tilang maksimum sebesar Rp 250.000 untuk pengendar sepeda motor dan Rp 500.000 untuk mobil.

"Nanti akan dilakukan penegakan hukum secara tegas berupa tilang oleh pihak kepolisian. Pemberlakuan penegakan hukum berupa tilang dan pengenaan sanksi denda administrastif akan dilakukan mulai 13 November 2021,” kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo

Berikut 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif pada Rabu, 27 Oktober 2021:

1. Rossi Ungkap 3 Rival Terrberatnya, Tak ada Nama Marquez

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Selama kariernya di kelas premier Valentino Rossi punya banyak rival hebat. Rival terakhirnya ialah Marc Marquez yang terlibat insiden pada musim 2015.

Meski demikian saat ditanya siapa saja pebalap yang menjadi rival paling berat, Rossi justru tidak menyebut Marc. Rossi menyebut Max Biaggi, Casey Stoner, dan Jorge Lorenzo.

"Biaggi , Stoner, dan Lorenzo," kata Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Rossi Ungkap 3 Rival Terberatnya, Tak Ada Nama Marquez

Petugas Satlantas Polres Bogor tampak memprioritaskan rekayasa satu arah atau one way menuju Jakarta untuk mengurangi kemacetan di penghujung arus balik Nataru di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Minggu (3/1/2021)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas Satlantas Polres Bogor tampak memprioritaskan rekayasa satu arah atau one way menuju Jakarta untuk mengurangi kemacetan di penghujung arus balik Nataru di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Minggu (3/1/2021)

2. Antisipasi Libur Nataru, Pembatasan Mobilitas Bakal Berlaku Lagi?

Pemerintah tengah bersiap melakukan pengendalian mobilitas masyarakat dan pengetatan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 usai masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com