Viral, Video Motor Nekat Terabas Banjir hingga Masuk Selokan

Kompas.com - 26/10/2021, 18:02 WIB
motor masuk selokan akibat terabas banjir instagram.com/streetmannersindonesiamotor masuk selokan akibat terabas banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini beberapa wilayah Indonesia dilanda curah hujan yang tinggi. Kondisi ini membuat beberapa ruas jalan tergenang air.

Untuk pengguna sepeda motor yang terpaksa harus menerobos genangan air mesti lebih hati-hati.

Jangan sampai seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @streetmannersindonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara sepeda motor yang jatuh ke selokan saat sedang menerjang banjir.

Terkait hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika berkendara di musim banjir memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Siap-siap, Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi Bisa Didenda Rp 500.000

“Usahakan agar berjalan di bagian tengah jalan raya atau sisi paling kanan untuk menghindari lubang atau selokan di pinggiran jalan," ujar Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Agus, berkendara di tengah bisa mengurangi risiko masuk selokan. Selain itu, bagian tengah jalan biasanya lebih tinggi ketimbang di pinggir.

“Jika tidak terpaksa lewat jalan banjir ada baiknya untuk mencari jalan alternatif. Jangan memaksakan lewat apabila belum paham situasi jalan tersebut,” kata Agus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

Agus juga mengingatkan pengendara motor untuk selalu jaga keseimbangan motor agar tetap stabil saat melalui jalan yang sedikit berlubang agar tidak terjatuh.

Sementara itu, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengingatkan, pengendaras sebaiknya bisa memperhitungkan apakah jalan yang tergenang air bisa dilintasi atau tidak.

Jangan sampai saat melintas jalan yang tergenang banjir tiba-tiba motor terhenti karena ketinggian air di luar perkiraan.

Baca juga: Kapan Polisi Terapkan Tilang bagi Pelanggar Ganjil Genap?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.