Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Truk di Indonesia Masih Minim Ilmu

Kompas.com - 26/10/2021, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan truk di jalanan Indonesia adalah kesalahan pengemudi alias sopir. Untuk mengemudikan truk, tentu sopir harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) B.

Walaupun rata-rata sopir truk sudah memiliki SIM, masih saja terlihat di jalanan truk kerap alami kecelakaan. Lalu mengapa walaupun para sopir sudah memiliki surat izin, kecelakaan masih saja terjadi?

Menanggapi hal tersebut, Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY mengatakan, ada kekeliruan ketika pengujian SIM di Indonesia.

Baca juga: Dugaan Skandal di Bengkel AHASS, Ini Kata Teknisi Honda

Pengemudi truk kontainer menunggu giliran untuk melajukan kendaraanya di areaJakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021). KOMPAS.com/DJATI WALUYO Pengemudi truk kontainer menunggu giliran untuk melajukan kendaraanya di areaJakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021).

“Pembuatan SIM di Indonesia yang selalu diuji adalah soal aturan seperti rambu. Tapi yang tidak diuji adalah in cabin training, pengetahuan tentang perangkat kendaraan yang ada di kabin,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (25/10/2021).

Bambang menjelaskan, pengemudi itu harus menguasai skill, attitude, dan knowledge. Sopir truk yang ada di Indonesia hanya menguasai skill saja. Sejatinya, keterampilan mengemudi sopir di Indonesia jauh di atas rata-rata sopir dunia. Tapi, sayang masih minim ilmu.

Baca juga: Urus Balik Nama Kendaraan, Ini Biaya yang Harus Disiapkan

“Tapi attitude-nya enggak tahu, mengemudi cuma pakai sendal. Di luar negeri sopir pakai sepatu safety, di sini untuk pakai helm dan rompi susahnya setengah mati, bahkan seringnya enggak pakai baju,” kata Bambang.

Lalu soal knowledge atau pengetahun, sopir di Indonesia masih nol. Sopir tidak pernah mendapatkan pengetahuan dari ATPM yang benar, tapi dari sopir yang terdahulu, jadi berdasarkan kebiasaan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com