Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Siapkan 600 Marshal Sirkuit Mandalika, Bersertifikat Internasional

Kompas.com - 21/10/2021, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam ajang balap motor atau mobil, salah satu petugas yang memiliki fungsi tak kalah penting adalah marshal. Petugas ini yang pertama kali akan hadir di sirkuit jika terjadi sesuatu saat balapan.

Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, dalam waktu dekat ini akan menjadi tuan rumah dari ajang balap internasional, yakni Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), World Superbike (WorldSBK), dan MotoGP.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Bisa Jadi Jalan Umum, Bagian yang Mana?

Namun, belum ada marshal lokal yang pernah bertugas untuk ajang balap internasional. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari pengetahuan hingga pengalaman.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tiga dari kanan), dibantu para marshal setelah mengalami kecelakaan saat balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).JEREMY BROWN/DEUS IMAGES/AFP PHOTO Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tiga dari kanan), dibantu para marshal setelah mengalami kecelakaan saat balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).

Untuk memastikan marshal siap bertugas dalam IATC, WorldSBK, dan MotoGP, Ikatan Motor Indonesia (IMI) pun bertanggung jawab penuh. IMI sudah melakukan seleksi dan menggelar pelatihan serta pendidikan.

"Marshal itu ada 600 orang yang dididik, tapi memang tidak kita ambil semuanya. IMI yang mendidiknya. Jadi, melalui IMI dengan pemuda-pemuda setempat," ujar Happy K. Harinto, Chief Strategic & Communications Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Persiapkan Diri untuk Lakukan Homologasi

Happy menambahkan, pendidikan untuk ratusan marshal tersebut dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai dari pagi hingga sore.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Dani Pedrosa (kanan), berjalan dengan dituntun marshal setelah terjatuh saat menjalani sesi latihan bebas kedua GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat (14/10/2016).MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Dani Pedrosa (kanan), berjalan dengan dituntun marshal setelah terjatuh saat menjalani sesi latihan bebas kedua GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat (14/10/2016).

"Dyan Dilato yang memberikan pendidikan. Nantinya, memang marshal ini akan mendapatkan sertifikasi. Selain dari FIM, juga dapat sertifikasi dari IMI. Sehingga, potensi anak-anak muda di sekitar Mandalika bisa terangkat," kata Happy.

Sertifikat yang didapat para marshal tersebut juga tidak sembarangan. Happy mengatakan, para marshal ini dapat melakukan tugas juga di sirkuit internasional lainnya jika dibutuhkan.

"Kapan pun mereka bisa membantu sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia ketika event-event FIM berlangsung," ujar Happy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com