Ini Bahayanya jika Pasang Ban Motor Tidak Sesuai Rotasi

Kompas.com - 21/10/2021, 11:12 WIB
Ban Motor bagian depan IstimewaBan Motor bagian depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Alur tapak ban biasanya memiliki arah tertentu yang sudah disesuaikan. Biasanya pada dinding ban motor sudah ada tulisan "rotation" disertai dengan panah penunjuk arah rotasi ban.

Hal itu dibuat oleh produsen ban sebagai penanda arah putaran ban sepeda motor. Setaip pemasangan ban, disarankan untuk memasang sesuai dengan arah rotasi yang ditentukan.

Baca juga: Honda Rebel 250 S Edition, Harga Setara CBR 250RR

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, pemasangan ban harus sesuai dengan rotasi dan alur tapak ban. Karena keduanya saling berhubungan.

"Jadi rotasi ban itu sekarang juga berpengaruh dengan kembangan ban. Jadi kalau kita memasang rotasi bannya salah, berarti kembang bannya juga terbalik," kata Endro kepada Kompas.com Rabu (20/10/2021).

Endro menjelaskan, jika kembangan ban pada sepeda motor dipasang terbalik maka akan berpengaruh terhadap performa ban tersebut. Padahal ban merupakan komponen penting penunjang sepeda motor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Periksa ban motorShutterstock Periksa ban motor

"Kalau kembang bannya terbalik itu akan mempengaruhi performance. Pada saat jalan kering akan cepat aus, berisik, dan juga tidak nyaman untuk digunakan," kata dia.

Apalagi jika pada saat digunakan di jalan licin atau sehabis hujan. Pemasangan rotasi yang tidak sesuai akan membuat ban kehilangan daya cengkeram terhadp aspal.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Bisa Jadi Jalan Umum, Bagian yang Mana?

"Apabila dipakai di jalan yang licin, itu dia akan kehilangan traksinya. Akan ada kemungkinan terjadinya aquaplaning," ucap Endro.

Hal ini dikarenakan alur ban yang terbalik tidak sesuai untuk memecah genangan air sehingga terjadi lapisan antara ban dan aspal. Kondisi ini akan mengakibatkan pengendara kehilangan keseimbangan dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Ada juga motor dengan performa tinggi, arah alur tapak ban depan memiliki model seperti terbalik dengan yang belakang. Namun hal itu bukanlah terbalik seperti kelihatannya.

Perbedaan alur ban depan (kiri) dan belakang (kanan)Istimewa Perbedaan alur ban depan (kiri) dan belakang (kanan)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.