Kompas.com - 18/10/2021, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden mobil terbakar kembali terjadi. Kali ini menimpa mobil sedan yang terparkir di Perumahan Sunter Garden, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (18/10/2021).

Dalam foto yang diunggah oleh akun instagram @humasjakfire, terlihat BMW berkelir putih terbakar pada bagian depan (kap mesin). Beberapa petugas juga terlihat sedang berusaha memadamkan api.

Menurut Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkamat) DKI Jakarta Mulat Wijayanto, mobil sedan mewah berwarna putih itu terbakar saat pemilik sedang memanaskan mobil.

Mobil sedang dipanaskan tiba-tiba muncul percikan api dari kap mobil. Dugaan penyebab korsleting listrik,” ucap Mulat dalam keterangannya, Senin (18/10/2021).

Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta.

Baca juga: Modifikasi Yamaha XSR 155 Cafe Racer AMS Garage

Terkait video ini, salah satu pemilik bengkel spesialis BMW yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kebakaran bisa disebabkan oleh aliran bahan bakar yang bocor karena selangnya sudah getas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire)

“Kemungkinan terbesarnya itu, kalau BMW untuk urusan kelistrikan dan wiring harusnya tidak ada masalah. Saya menangani BMW dari yang tahun 80-an dan tidak pernah terkendala terbakar. Kalaupun ada masalah paling cuma modulnya yang mati dan enggak normal,” ucap pria tersebut kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Oleh sebab itu, pria tersebut menyarankan, jika tercium bau bensin, kemungkinan ada masalah pada pelampung atau selang bensinnya.

“Sepele memang, tapi sebaiknya segera ke bengkel,” kata dia.

Baca juga: Cornering Sembarangan Motor Tabrakan Adu Banteng

Selain itu, pemilik kendaraan sebaiknya menyediakan APAR di dalam mobil, agar bisa digunakan untuk penindakan awal jika muncul percikan kecil. Kemudian segera laporkan kejadian ke pemadam kebakaran atau petugas kepolisian terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.