Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Perbedaan Konsep Mandalika dengan Sirkuit Jalanan Singapura

Kompas.com - 16/10/2021, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Indonesia kembali akan menggelar event balap internasional, kali ini bakal di selenggarakan di The Mandalika Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Kompas.com mendapat kesempatan untuk melihat kondisi terkini Sirkuit Mandalika. Bisa dibilang, pengaspalan trek sudah 100 persen, tinggal pengecatan saja. Begitu juga dengan gedung Race Direction yang tinggal finishing serta perakitan Pit Building model modular.

Jika kembali melihat namanya, ada ungkapan kata street circuit di Mandalika. Kali ini akan dibahas perbedaan konsep antara Mandalika dengan street circuit yang ada di Singapura ketika menggelar ajang balapan F1.

Baca juga: Gaikindo Optimistis Target Penjualan Mobil Tahunan Bisa Terlampaui

Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting MGPA menjelaskan layout Sirkuit MandalikaKompas.com/Fathan Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting MGPA menjelaskan layout Sirkuit Mandalika

Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, street circuit punya arti dan konsep yang berbeda dengan circuit street.

"Kalau circuit street itu jalanan yang dibikin jadi sirkuit. Contohnya seperti Monaco, Singapura, dan Macau," ucap Dyan di Mandalika, Rabu (13/10/2021).

Sedangkan konsep street circuit seperti di Mandalika, jika sedang tidak dipakai balapan, maka menjadi kawasan pariwisata. Jadi masyarakat bisa menggunakan sebagian trek untuk jogging atau sekadar jalan sore melihat pemandangan.

Baca juga: Lihat Aksi Bajing Loncat di Jalan, Rekam dan Laporkan

"Jadi benar-benar di-develop pariwisatanya supaya semua orang bisa tahu dan merasakan apa sih feel di dalam trek," kata Dyan.

Dyan mengatakan, nantinya di tengah-tengah Sirkuit Mandalika, akan ada hotel dan menjadi kawasan real estate. Lalu bagian mana dari sirkuit yang bisa diakses sebagai jalan?

Sirkuit Mandalika diklaim menjadi sirkuit pertama di dunia yang memiliki akses inner dan outer road di area trek utama. Nantinya jalan ini yang bisa diakses masyarakat sebagai cara masuk dan keluar dari kompleks balap sirkuit.

Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan Aprildok BBC Indonesia Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April

"Trek utamanya enggak boleh diakses selain untuk balapan. Tapi di inner dan outer road, bisa dipakai untuk bersepeda atau jalan pagi. Inner dan outer road ini bukan service road ya, karena itu ada lagi," ucapnya.

Jadi street circuit ini berbeda, bukan jalan umum yang dibuat jadi sirkuit, melainkan sirkuit yang bisa dipakai jadi jalanan. Jalanan yang bisa dipakai yakni inner dan outer road, bukan trek utama atau yang ada di tengah-tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com