Bahas Perbedaan Konsep Mandalika dengan Sirkuit Jalanan Singapura

Kompas.com - 16/10/2021, 07:42 WIB
Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022 Dok. MGPASirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022

MANDALIKA, KOMPAS.com - Indonesia kembali akan menggelar event balap internasional, kali ini bakal di selenggarakan di The Mandalika Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Kompas.com mendapat kesempatan untuk melihat kondisi terkini Sirkuit Mandalika. Bisa dibilang, pengaspalan trek sudah 100 persen, tinggal pengecatan saja. Begitu juga dengan gedung Race Direction yang tinggal finishing serta perakitan Pit Building model modular.

Jika kembali melihat namanya, ada ungkapan kata street circuit di Mandalika. Kali ini akan dibahas perbedaan konsep antara Mandalika dengan street circuit yang ada di Singapura ketika menggelar ajang balapan F1.

Baca juga: Gaikindo Optimistis Target Penjualan Mobil Tahunan Bisa Terlampaui

Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting MGPA menjelaskan layout Sirkuit MandalikaKompas.com/Fathan Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting MGPA menjelaskan layout Sirkuit Mandalika

Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, street circuit punya arti dan konsep yang berbeda dengan circuit street.

"Kalau circuit street itu jalanan yang dibikin jadi sirkuit. Contohnya seperti Monaco, Singapura, dan Macau," ucap Dyan di Mandalika, Rabu (13/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan konsep street circuit seperti di Mandalika, jika sedang tidak dipakai balapan, maka menjadi kawasan pariwisata. Jadi masyarakat bisa menggunakan sebagian trek untuk jogging atau sekadar jalan sore melihat pemandangan.

Baca juga: Lihat Aksi Bajing Loncat di Jalan, Rekam dan Laporkan

"Jadi benar-benar di-develop pariwisatanya supaya semua orang bisa tahu dan merasakan apa sih feel di dalam trek," kata Dyan.

Dyan mengatakan, nantinya di tengah-tengah Sirkuit Mandalika, akan ada hotel dan menjadi kawasan real estate. Lalu bagian mana dari sirkuit yang bisa diakses sebagai jalan?

Sirkuit Mandalika diklaim menjadi sirkuit pertama di dunia yang memiliki akses inner dan outer road di area trek utama. Nantinya jalan ini yang bisa diakses masyarakat sebagai cara masuk dan keluar dari kompleks balap sirkuit.

Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan Aprildok BBC Indonesia Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April

"Trek utamanya enggak boleh diakses selain untuk balapan. Tapi di inner dan outer road, bisa dipakai untuk bersepeda atau jalan pagi. Inner dan outer road ini bukan service road ya, karena itu ada lagi," ucapnya.

Jadi street circuit ini berbeda, bukan jalan umum yang dibuat jadi sirkuit, melainkan sirkuit yang bisa dipakai jadi jalanan. Jalanan yang bisa dipakai yakni inner dan outer road, bukan trek utama atau yang ada di tengah-tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.