Penerbangan Internasional Dibuka, DAMRI Siapkan Bus untuk Karantina di Hotel

Kompas.com - 15/10/2021, 14:12 WIB
Kesiapan Damri mengangkut penumpang setelah gerbang internasional dibuka di Bandara hang Tuah Batam DOK. DAMRIKesiapan Damri mengangkut penumpang setelah gerbang internasional dibuka di Bandara hang Tuah Batam

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerbangan Internasional di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, kembali dibuka mulai Kamis (14/10/2021). Akan banyak berdatangan wisatawan mancanegara dan warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan secara mandiri.

DAMRI sebagai operator transportasi darat siap melakukan antisipasi menghadapi lonjakan penumpang. Hal ini dilakukan dengan mengoperasikan dua unit bus dari Bandara Internasional Hang Nadim menuju beberapa hotel karantina yang terdapat di Nagoya.

Namun, saat ini DAMRI tengah mempertimbangkan dan mengkaji lebih lanjut terhadap rencana penambahan jumlah armada untuk frekuensi perjalanan. Tarif yang dikenakan dari Bandara Internasional Hang Nadim sebesar Rp 35.000 dengan jam keberangkatan menyesuaikan demand penumpang.

Baca juga: Bendung Calon Avanza-Xenia Baru, Mitsubishi Siapkan Xpander Facelift

Kesiapan Damri mengangkut penumpang setelah gerbang internasional dibuka di Bandara hang Tuah BatamDOK. DAMRI Kesiapan Damri mengangkut penumpang setelah gerbang internasional dibuka di Bandara hang Tuah Batam

Kendati demikian, DAMRI tetap berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan dan mendukung penegakan syarat perjalanan darat. Misalnya penunjukan sertifikat vaksin bagi warga negara asing, baik fisik maupun digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika WNA belum mendapatkan vaksinasi di luar negeri, akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia. Lalu, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR dari negara asal yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan dan dilampirkan saat pemeriksaan kesehatan.

Setelah itu, pelaku perjalanan internasional harus melakukan tes ulang RT-PCR saat kedatangan dan wajib menjalani karantina terpusat selama 5x24 jam.

Baca juga: Bocoran Xpander Terbaru, Begini Ubahannya sejak Meluncur

DAMRI berharap dibukanya pintu Internasional di Batam dapat memberi kemajuan pada bisnis Perusahaan, sehingga okupansi perjalanan darat dari dan menuju Batam dapat terus meningkat.

Dengan begitu, kondisi tersebut pada akhirnya dapat memulihkan sektor transportasi, perhotelan, ataupun pariwisata sehingga meningkatkan kualitas semua lini sektor di Indonesia.

Kesiapan Damri mengangkut penumpang setelah gerbang internasional dibuka di Bandara hang Tuah BatamDOK. DAMRI Kesiapan Damri mengangkut penumpang setelah gerbang internasional dibuka di Bandara hang Tuah Batam

Sebelumnya, DAMRI bersama Kementerian Perhubungan dan pengelola Bandara Hang Nadim telah berkoordinasi untuk melakukan persiapan menyambut pembukaan kembali pintu masuk wisatawan mancanegara dari dan ke Bandara Hang Nadim.

DAMRI berkomitmen selalu siap memberikan pelayanan yang prima dalam segala kondisi, termasuk ketika frekuensi transportasi mengalami kondisi yang fluktuatif selama masa pandemi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.