Mungkinkah Diskon PPnBM Diperpanjang Lagi pada 2022?

Kompas.com - 13/10/2021, 18:21 WIB
Honda di IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda di IIMS Hybrid 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen bagi kendaraan bermotor sampai akhir tahun 2021.

Sebelumnya, diskon PPnBM 100 persen harusnya hanya berlaku sampai Agustus 2021. Alasannya, insentif tersebut dianggap mendorong penjualan mobil sehingga menciptakan multiplier effect terhadap perekonomian Indonesia.

Kementerian Keuangan melaporkan, secara kumulatif Januari-Juli 2021, penjualan mobil ritel telah tumbuh 38,5 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Ini Dia Toyota Rumion, Kembarannya Suzuki Ertiga

Pekerja membersihkan mobil di area stan Honda saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pekerja membersihkan mobil di area stan Honda saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Hal ini menunjukkan geliat yang sangat positif sebagai dampak kebijakan insentif diskon pajak yang telah diberikan.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian mencatat produksi mobil secara kumulatif Januari – Juli 2021 mampu tumbuh 49,4 persen (yoy).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peningkatan produksi ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik namun juga ekspor kendaraan completely knockdown (CKD) yang tumbuh 169,7 persen pada periode yang sama.

Baca juga: Marak Pencurian Pelek dan Ban Mobil, Lakukan Ini untuk Mencegahnya

Booth Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2021Toyota Astra Motor Booth Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2021

Dengan performa tersebut, kinerja pertumbuhan PDB sektor industri dan perdagangan alat angkutan dapat tumbuh double digit atau masing-masing sebesar 45,7 persen dan 37,9 persen (yoy) pada kuartal II-2021.

Dengan sejumlah efek positif dari diskon PPnBM, mungkinkah insentif dari pemerintah ini kembali berlaku pada 2022?

“Nah ini kan pemerintah sudah tahu, dampaknya, kajiannya juga sudah diserahkan. Ya kita bersyukur saja kalau itu dilakukan,” ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo, dalam diskusi daring Ngovi, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Bukan Mobil Listrik, tetapi Palisade yang Mendominasi SPK Hyundai

Petugas memeriksa mobil Toyota Fortuner produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang akan diekspor melalui dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Petugas memeriksa mobil Toyota Fortuner produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang akan diekspor melalui dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

Menurutnya insentif bagi industri otomotif juga dilakukan negara-negara lain. Dampak pertumbuhannya pun bisa langsung dirasakan.

“Sebelum kita memberlakukan, itu negara lain sudah memberlakukan, contohnya Malaysia. Sehingga Malaysia di tahun 2020, lebih cepat bangkitnya, industrinya jalan,” ucap Kukuh.

“Tapi sekarang sudah mentok di situ, sudah jenuh dia. Nah kita yang belakangan saat ini masih bisa berjalan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.