SPKLU di Indonesia Tersebar di 155 Titik, Ini Lokasinya

Kompas.com - 13/10/2021, 17:51 WIB
Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati PertaminaPertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mendorong penetrasi kendaraan listrik, pemerintah turut menggalakkan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang bekerja sama dengan swasta.

Rida Mulyana, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), mengatakan, keberadaan SPKLU ini jadi bagian dalam mendorong hadirnya kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.

Menurutnya, kehadiran kendaraan listrik memiliki pengaruh terhadap proses transisi energi bersih. Dengan demikian, ketergantungan terhadap energi fosil kedepannya bisa berangsur dikurangi, pun begitu dengan tingkat emisi yang bisa direduksi.

Baca juga: Cara Mengetahui Besaran Pajak Kendaraan yang Harus Dibayar

Ilustrasi mobil listrik ToyotaCARSCOOPS.com Ilustrasi mobil listrik Toyota

Rida mengatakan, saat ini Indonesia telah memiliki 187 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). SPKLU ini tersebar di 155 titik lokasi sampai dengan September 2021.

Sementara itu, ada 153 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di 86 lokasi yang tersedia di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbeda dengan SPKLU yang ditujukan buat mobil listrik, Rida mengatakan, SPBKLU saat ini dikhususkan untuk kebutuhan roda dua dan roda tiga.

Baca juga: Viral, Daihatsu Taft Naik ke Rel Kereta Api

Menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 pemerintah bakal produksi 2 juta unit motor berbasis listrik (Foto: Humas Kemenperin)KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARI Menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 pemerintah bakal produksi 2 juta unit motor berbasis listrik (Foto: Humas Kemenperin)

"EV ini jadi bagian kegiatan bagaimana kita akselerasi transisi energi itu semua program yang sudah kita rancang dan kegiatan yang sudah dijalankan,” ujar Rida, dalam webinar Kementerian ESDM, Rabu (13/10/2021).

“Jadi kenapa kemudian EV salah satunya adalah fasilitas penunjang itu juga penting terlebih di dalamnya bahwa semuanya ini memerlukan SDM yang andal," kata dia.

Secara lebih rinci, DKI Jakarta dan pulau Jawa masih mendominasi sebaran jumlah SPKLU di Indonesia. Misal di DKI Jakarta, ada 63 lokasi SPKLU dengan total 83 unit.

Baca juga: Pajak Karbon Segera Berlaku, Bagaimana Nasib Diskon PPnBM?

Diler Hyundai terbaru di Depok, Jawa Barat.Dok. HMID Diler Hyundai terbaru di Depok, Jawa Barat.

Terbanyak dimiliki oleh Hyundai di 25 lokasi dengan 25 unit, diikuti Blue Bird dengan 15 unit di 1 lokasi, lalu Mitsubishi dengan 13 unit di 12 lokasi dan PLN UID Jaya dengan 9 unit di 6 lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.