Jangan Abai, Begini Cara Merawat Fitur TCS pada All New Nmax 155

Kompas.com - 13/10/2021, 16:01 WIB
All New Yamaha Nmax 155 Dok. YIMMAll New Yamaha Nmax 155

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) Yamaha All New Nmax 155 sudah dibekali dengan fitur canggih, yakni Traction Control System (TCS) atau kontrol traksi. Agar tetap bekerja secara optimal, fitur ini juga memerlukan perawatan.

TCS memiliki fungsi yang cukup penting sebagai fitur keselamatan berkendara. Fitur ini dapat mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

Baca juga: Modifikasi Yamaha All New Nmax 155, Full Aksesori Aftermarket

Untuk itu, penggunanya perlu merawat dan mengecek fungsi TCS secara rutin. Pastikan fitur tersebut dapat bekerja secara optimal dan selalu siap untuk digunakan.

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Dalam keterangan resmi Yamaha, Selasa (12/10/2021), TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang (dekat dengan kaliper rem).

Maka, pemilik motor harus rajin membersihkan area kaki-kaki motor dari debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu, berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simulasi Kredit Yamaha All New Nmax 155, Cicilan Mulai Rp 1 Jutaan

Sementara itu, untuk mengetahui apakah TCS berfungsi dengan baik, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi acuan.

Pertama, cek lampu indikator. Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi.

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Indikasi pengecekan yang kedua adalah dengan cara mengaktifkan fitur TCS. Kemudian, posisikan motor dengan standar tengah (main stand), lalu mainkan putaran gas.

Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka putaran roda belakang akan tersendat. Tapi, jika TCS mengalami malfungsi, maka putaran roda belakang tidak akan tersendat saat gas dimainkan.

Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi seperti yang disebutkan, maka sebaiknya pemilik motor segara membawa motornya ke bengkel resmi Yamaha terdekat untuk mendapat pengecekan lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.