Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Manfaat Ganti Oli Mesin Motor Tepat Waktu ala Federal Oil

Kompas.com - 13/10/2021, 14:59 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan bermotor wajib melakukan ganti oli mesin sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan. Tujuannya, untuk tetap menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Ternyata bukan hanya menjaga performa mesin saja, mengganti oli mesin secara berkala sesuai dengan waktunya memiliki banyak manfaat.

Seperti yang dijelaskan oleh Nurudin. Menurut dia, secara umum ada 5 keuntungan yang didapat oleh pemilik kendaraan terutama motor yang melakukan penggantian oli secara rutin dan tepat waktu.

Keunggulannya adalah sebagai berikut:

1. Suhu Mesin Terjaga

Tentunya jika sering ganti oli secara rutin, suhu mesin menjadi lebih terjaga karena komponen dilumasi secara maksimal.

Sebagai contoh, produk oli untuk motor matik Federal Oil ada teknologi Head Protection Formula yang mengatur suhu panas mesin 2 kali lebih efektif dan membuat suhu mesin menjadi stabil.

2. Komponen Mesin Lebih Awet

Keuntungan kedua, yaitu komponen mesin menjadi lebih awet karena sistem pelumas yang baru akan bekerja maksimal menjaga komponen. 

Produk Federal Oil ada teknologi yang bernama Wear Protection Technology, atau perlindungan maksimal terhadap gesekan.

Federal Oil Mechanic Contest 2021DOK. FEDERAL OIL Federal Oil Mechanic Contest 2021

"Kalau minim gesekan, tentunya komponen yang dilumasi oleh pelumas itu kerjanya menjadi ringan dan membuat komponen tersebut menjadi awet," kata Nurudin - Technical Trainer PT PT ExxonMobil Lubricants Indonesia di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

3. Hemat Bahan Bakar

Tentu berkaitan dengan gesekan, otomatis jika gesekan rendah maka kinerja mesin akan menjadi ringan. Pemakian bahan bakar pun menjadi hemat.

4. Performa Mesin Terjaga

Keuntungan selanjutnya, yaitu performa mesin menjadi terjaga atau optimal. Pada pelumas Federal Oil ada teknologi Visco Elastic Molecules, untuk menigkatkan kinerja dan akselerasi mekanikal atau tarikannya menjadi ringan.

Federal Oil Mechanic Contest 2021DOK. FEDERAL OIL Federal Oil Mechanic Contest 2021

5. Biaya Perawatan Ringan

Menurut Nurudin, tentunya dengan benefit diawal tadi, otomatis biaya perawatan sepeda motor pun menjadi ringan karena sering mengganti oli sesuai dengan interval yang direkomendasikan.

"Kita merekomendasikan penggantian oli itu di kilometer 2.000 atau 2 bulan, mana yang lebih dulu tercapai. Lakukan sesuai itu agar kinerja mesin dan komponen serta biaya perawatan menjadi ringan," ucap Nurudin.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com