Perjalanan Karier Mario SA Sampai Wildcard Moto3 2021

Kompas.com - 10/10/2021, 10:21 WIB
Mario Suryo Aji Foto: AHMMario Suryo Aji
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji akan menjajal panasnya kejuaraan Moto3 2021. Mario akan turun pada dua seri gelaran GP tahun ini melalui kesempatan wildcard.

Pebalap yang saat ini berlaga di FIM CEV Moto3 itu dijadwalkan balapan di Moto3 di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia (24/10/2021) dan Algarve Internacional Circuit, Portimao, Portugal (7/11/2021).

Mario menjadi satu-satunya pebalap Indonesia yang memiliki kesempatan wildcard tanpa menggantikan pebalap lain di ajang Grand Prix hingga 2 race.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell dan Vivo, Pertamax Turbo Turun

Mario Suryo Aji CEV Moto3 2021Foto: Jesus Robledo Blanco/AHRT Mario Suryo Aji CEV Moto3 2021

Sebelum melihat aksi Mario di Moto3, kenali dulu sejarah pebalap muda ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mario merupakan jebolan Astra Honda Racing School tahun 2016. Sejak awal performanya cukup menjanjikan sehingga membuka jalan bagi dirinya menapaki jenjang balap yang disusun Astra Honda Motor (AHM).

Karir Mario di kejuaraan internasional dimulai dengan mengikuti ajang Thailand Talent Cup pada 2017.

Mario mampu menunjukan aksi gemilang. Hal ini membuatnya menjadi bagian pebalap AHRT yang turun di ajang Asia talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada 2018.

Mario Suryo AjiFoto: AHM Mario Suryo Aji

Di ajang balap ATC, Mario mampu mengisi posisi 5 besar, dan pada ajang ARRC AP250, Mario dapat menembus posisi 6 besar.

Kemampuannya terus berkembang. Pada 2019, ia didapuk oleh AHRT untuk turun di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship.

Baca juga: Bocoran Lain Bus Baru Tentrem, Pakai Bagasi Bertingkat

Saat ini, perjalanan Mario Aji di FIM CEV pun telah memasuki tahun ketiga. Penampilannya semakin impresif dengan finis di posisi keempat pada seri Estoril dan mengisi pole position di seri Catalunya, Spanyol.

Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, CatalunyaJesus Robledo Blanco Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, Catalunya

Kini Mario memiliki kesempatan jalani debut di Grand Prix, bersaing di kejuaran dunia Moto3, bersamaan dengan idolanya Marc Marquez yang bertarung di kelas puncak MotoGP.

Sebelumnya, dua pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Pol Espargaro, sempat bertemu langsung dan memotivasi Mario menjelang balapan CEV Moto3 di Misano, Italia (17/9/2021).

Marc dan Pol memberikan semangat pada pemuda asal Magetan, Jawa Timur ini agar tidak pantang menyerah dalam memperjuangkan mimpinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.