Asal Ganti Komponen Motor Bisa Berujung Bahaya

Kompas.com - 08/10/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi berkendara safety riding Dok. YIMMIlustrasi berkendara safety riding

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi karena berbagai faktor. Bahkan, asal mengganti spare part atau komponen pun juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Dari data Ditlantas Polda Jateng, dalam periode Juli sampai dengan Desember 2020 terdapat 9.423 kejadian lakalantas. Dari data tersebut diketahui rata-rata kejadian lakalantas adalah 52 kejadian setiap harinya di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: Jangan Merokok Sambil Berkendara, Membahayakan Orang Lain

Menanggapi hal tersebut, dalam sebuah podcast Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah, Erwin Sinaga, instruktur YRA Semarang mengungkapkan perlunya memastikan kondisi motor yang dikendarai.

Ilustrasi berkendara safety ridingDok. YIMM Ilustrasi berkendara safety riding

"Sebelum berkendara motor harus dalam kondisi baik dan jangan asal mengganti spare part bawaan dari pabrik. Apabila kita asal mengganti spare part, maka akan membahayakan bagi pengendara,” ujar Erwin, dalam keterangan resminya.

Erwin menambahkan, yang banyak terjadi adalah penggantian spion. Tak dapat dipungkiri bahwa spion adalah komponen vital saat berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Asal Ganti, Ini Pentingnya Spion Motor

"Sehingga tidak diperkenankan untuk diganti, apalagi dengan yang ukuran yang lebih kecil karena akan mengganggu pandangan kita di belakang," kata Erwin.

Spion motor ekstra miniFoto: Tangkapan layar Spion motor ekstra mini

Kevin Mahardika, dari klub Yamaha WR 155 Semarang, menambahkan, perlunya mengubah pola pikir naik motor dari ngebut menjadi safety riding di jalan. Fokus dan konsentrasi saat berkendara sangat diperlukan dan menjadi pokok utama dalam berkendara.

”Berkendara dengan aman di jalan lebih penting dari sekedar kebut-kebutan karena di jalan raya bukan ajang balapan,” ujar Kevin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.