Cara Mudah Hilangkan Jamur pada Kaca Mobil, Modal Pasta Gigi

Kompas.com - 07/10/2021, 19:21 WIB
Jamur kaca mobil Foto: PeugeotJamur kaca mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan cukup tinggi kini mulai dialami oleh beberapa wilayah di Indonesia. Dalam kawasan tertentu bahkan sudah sempat mengalami peningkatan volume air hingga sedikit mengganggu lalu lintas.

Bagi pengendara mobil yang masih aktif, penting untuk turut menjaga kondisi di kendaraannya. Sebab bila lalai, dapat menyebabkan beragam kerugian seperti timbulnya jamur pada kaca.

Tetapi, bila Anda sudah mengalami hal tersebut jangan khawatir. Ada beberapa cara mudah menyelesaikan masalah itu sebagaimana dikatakan CEO Makko Group Christopher Sebastian.

Baca juga: Viral, Video Bocah Santuy Dibonceng Hadap Belakang Sambil Main Ponsel

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

"Pertama, bisa menggunakan pasta gigi. Caranya cukup oleskan pasta gigi di bagian kaca yang berjamur dan biarkan mengering. Bilas dengan air kemudian lap dengan kain microfiber," katanya kepada Kompas.com.

Diketahui bahwa pasta gigi memiliki kandungan pemutih hidrogen peroksida. Itu punya sifat oksidator yang tinggi sehingga dapat membunuh jamur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kedua, bisa memanfaatkan minuman soda tanpa pewarna, yang dicampur dengan air. Namun perlu dihindari bila minuman terkait mengandung gula baik alami maupun buatan.

"Tidak mengandung gula supaya tak mendatangkan semut. Caranya, basahi kain microfiber dengan air soda dan gosokkan perlahan pada kaca mobil yang berjamur," ujar Christopher.

Baca juga: Bisakah Perilaku Pengemudi Truk Diubah Jadi Lebih Aman?

Ilustrasi kaca mobil kusamsoloraya.com Ilustrasi kaca mobil kusam

Jika dirasa kurang ampuh, bisa pertimbangkan menggunakan alkohol. Caranya, basahi kain lembut dengan cairan terkait dan gosokkan ke kaca mobil perlahan supaya tidak menimbulkan goresan.

“Kalau mau lebih aman bisa menggunkan obat khusus jamur kaca mobil, karena kalau obat khusus jamur memiliki sifat hydrophobic atau air daun talas. Sehingga air tidak akan menempel pada kaca dan jamur pun berkurang,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.