Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Hilux Lintasi Genangan Air, Bak Perahu Melintas di Sungai

Kompas.com - 06/10/2021, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan sebuah mobil sedang melintasi genangan air bak perahu yang melewati sungai.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @_indocarstyle_, terlihat seorang pria yang sedang merekam perjalanannya melewati sebuah genangan air yang cukup tinggi, bahkan hingga menutupi kap mesin. Dikatahui mobil yang digunakan oleh pengemudi tersebut adalah Toyota Hilux double cabin.

Secara teknis menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, hal tersebut berisiko untuk dilakukan, karena air bisa saja terhisap masuk lewat lubang udara dan masuk ke mesin yang dapat menyebabkan water hammer.

Baca juga: Harga Motor Trail dan Adventure per Oktober 2021, Honda Africa Twin Naik

“Bukan double cabin atau single cabin yang menjadi patokan, tapi letak ketinggian saluran hisap yang menuju ke filter udara. Kalau mobil tersebut pake snorkel lebih aman, karena tinggi,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesia Cars Style (@_indocarstyle_)

Menurut Didi, memasang aksesori seperti snorkle pada kendaraan bisa mengganti fungsi saluran udara standar dan berguna ketika dipakai off road.

“Fungsinya sama seperti saluran udara yang biasa dengan letak yang lebih tinggi. Selain itu, snorkle dibutuhkan untuk offroad sehingga melewati genangan yang tinggi, tidak masuk ke mesin, menghindari water hammer,” kata Didi.

Baca juga: Honda ADV 350 Dikabarkan Siap Meluncur

Udara yang masuk ke saluran snorkel, langsung menuju ke filter udara, setelah itu disalurkan ke ruang mesin. Ketika memasang snorkel, pemilik harus melubangi fender dan pilar A agar udara dari atas bisa tersalurkan menuju filter udara.

Namun Didi Ahadi, jika ada genangan air yang cukup tinggi sebaiknya segera dihindari, karena kalau sudah sejajar dengan mesin itu berbahaya dan butuh biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com