Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Teknis kalau Avanza Baru Pakai Penggerak Gerak Roda Depan

Kompas.com - 06/10/2021, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru Toyota Avanza yang siap meluncur dalam waktu dekat bakal menawarkan ubahan menyeluruh. Salah satu yang utama adalah sistem penggerak roda depan yang menjadi andalan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Melalui perubahan tersebut, mobil diprediksi bakal menerapkan konfigurasi penggerak roda depan (front wheel drive/FWD) seperti pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Sehingga, sensasi berkendaranya akan jauh lebih berbeda dan lebih ekonomis.

Lantas, apa kelebihan teknis dari mobil dengan sistem penggerak roda depan?

Melansir laman Auto2000, ada banyak aspek menarik untuk mobil yang memakai konfigurasi tersebut. Salah satunya ialah pengendalian yang lebih baik.

Baca juga: Bocoran Gambar Calon Avanza Baru, Lebih Gagah Mirip Xpander dan Raize

Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021

"Sebab, dengan sistem FWD, traksi ban ke permukaan aspal bisa menjadi lebih baik. Selain itu, desainnya juga lebih ringkat sehingga membuat mobil lebih efisien dalam menyalurkan tenaga ke roda depan," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Selasa (5/10/2021).

Ia melanjutkan, kendaraan ditarik dari depan, sedangkan RWD (rear wheel drive) didorong dari belakang. Sehingga, beban di depan yang lebih besar membantu mobil untuk mendapat cengkeraman ban lebih baik.

Mobil FWD juga lebih mudah dan ekonomis dalam hal perawatan, terkhusus pada komponen penyalur dayanya karena lebih ringkas dibanding yang berpenggerak belakang.

"Karena konstruksinya lebih ringkas, maka bobot keseluruhan pun bisa dipangkas dan lebih ringan. Selain itu, respons mesin juga lebih baik lantaran tenaga mesin tak banyak tereduksi lantaran melewati banyak komponen," ujar Tara.

"Inilah yang menyebabkan mesin FWD punya tarikan lebih spontan dan efisiensi bahan bakar semakin optimal," tambahnya.

Baca juga: Kenapa Bikin SIM Minimal Usia Harus 17 Tahun?

Ilustrasi bocoran harga dasar AvanzaDok. Permendagri No 40/2021 Ilustrasi bocoran harga dasar Avanza

Adapun mobil FWD pada Toyota, sebenarnya bukan suatu hal baru. Pabrikan sudah menyematkannya di beberapa model, seperti Sienta, New Yaris, Agya, dan Calya.

Sebelumnya, rumor kehadiran Avanza baru hadir usai beberapa pencinta otomotif di dalam negeri membicarakannya di media sosial. Bahkan, disematkan pula beberapa gambar perubahan-perubahan mobil keluarga terlaris itu.

Tidak berselang lama, terbitlah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 dan tertera kode baru yang diduga generasi baru Avanza yaitu W100RE dan W101RE.

Bocoran harga NJKB yang dikeluarkan Kemendagri antara Rp 168 juta sampai Rp 195 juta. Harga ini belum termasuk pajak lain-lain sehingga dipastikan harganya naik puluhan juta rupiah untuk setiap tipe begitu dijual ke konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com