Cara Buka Pintu Mobil Aman Supaya Terhindar dari Kecelakaan

Kompas.com - 05/10/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi membuka pintu mobil sebelah kanan. PIXABAY.comIlustrasi membuka pintu mobil sebelah kanan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang pengguna mobil yang kurang berhati-hati saat membuka pintu. Biasanya tanpa memperhatikan lalu lintas atau kendaraan di sekitar.

Seperti salah satu contoh video yang diunggah oleh akun Instagram @streetmannersindonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat pengendara sepeda motor yang terjatuh, akibat motor yang dikendarainya menabrak pintu mobil yang dibuka secara tiba-tiba. Padahal, seharunya kejadian semacam itu bisa dihindari.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuka pintu mobil.

Baca juga: Terbuat dari Karet, Ban Mobil Juga Bisa Berkarat

Pertama adalah dengan melihat spion. Sebelum turun dari mobil lihat dengan seksama kondisi lalu lintas dari kaca spion. Hal ini untuk memastikan, apakah aman untuk membuka pintu mobil atau tidak.

Jika kurang yakin, pengemudi atau penumpang di mobil bisa melihat langsung ke belakang untuk melihat kondisi sekitar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

“Sebelum membuka pintu, sebaiknya melihat ke spion dan menengok ke belakang untuk memaksimalkan area pandang, sebelum membuka pintu kendaraan,” ucap Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Setelah memastikan kondisi lalu lintas aman dan tidak ada pengendara lain di belakang, pengemudi bisa membuka pintu secara perlahan.

Baca juga: Pemenang Kompetisi Kendaraan Roda Tiga Listrik di IMX 2021, Sangat Fungsional

Marcell melanjutkan, jika jalannya padat, jangan langsung membuka pintu secara penuh. Pengemudi bisa membuka pintu sedikit demi sedikit guna memastikan kondisi aman.

Membuka pintu sedikit terlebih dahulu juga bisa membangun kesadaran pengguna jalan lain yang ada di belakang bahwa mobil akan membuka pintu.

“Dengan begitu, pengendara lain bisa melakukan antisipasi atau menghindar. Setelah dipastikan aman pengemudi bisa membukanya lebih lebar dan keluar dari mobil,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.