Pengemudi Mobil Ugal-ugalan Demi Konten, Bahayakan Pengguna Jalan Lain

Kompas.com - 02/10/2021, 10:02 WIB
Pengemudi mobil ugal-ugalan demi konten, bahayakan pengguna jalan lain instagram.com/polantasindonesiaPengemudi mobil ugal-ugalan demi konten, bahayakan pengguna jalan lain

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini marak beredar video di media sosial yang memperlihatkan pengemudi mobil ugal-ugalan di jalan raya.

Mirisnya, beberapa oknum justru sengaja merekam aksi tersebut dan diunggah ke media sosial demi mendapatkan ketenaran.

Salah satunya seperti video yang diunggah oleh akun Instagram Polantas Indonesia. Dalam rekaman tersebut, memperlihatkan beberapa mobil tengah melaju di malam hari.

Mobil-mobil tersebut terlihat sengaja menunjukkan gayanya saat membawa kendaraan secara ugal-ugalan dengan mengambil jalur kanan dan menerabas marka jalan. Bahkan para pengemudi itupun tidak peduli dengan kendaraan yang melintas dari lawan arah.

Baca juga: Jangan Malas Rawat Motor di Musim Hujan

“Om @om_dhel ini kalo bikin konten ya mbok yang edukatif, jangan malah ngajarin enggak bener. Hobi banget ambil jalur kanan, menerabas marka lurus. Kasian yang dari arah berlawanan, apalagi yang kendaraan besar,” tulis keterangan dalam unggahan video tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu ditegaskan bahwa hal tersebut tentu tidak sepatutnya dilakukan, sebab sangat berbahaya bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by POLANTAS INDONESIA (@polantasindonesia)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, banyak pengemudi yang melakukan tindakan berbahaya seperti ini dengan tujuan bercanda untuk membuat dirinya terhibur.

“Mereka senang ketika orang lain panik atau susah. Melihat dimensi kendaraan mereka yang lebih besar menjadi salah satu alat untuk menakut-nakuti pengguna jalan lainnya. Tetapi ketika bertemu dengan truk dan bus mereka tidak berani,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/10/2021).

Menurut Sony, konten yang aneh dan berbahaya itu memang banyak disukai dan dikomentari oleh orang-orang Indonesia, sehingga mereka berlomba-lomba membuatnya.

Baca juga: Naik Motor Saat Hujan, Jangan Sepelekan Hal Ini

Namun harus disadari, bahwa tindakan seperti itu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.

“Tidak semua pengemudi siap dengan segala hal apalagi kondisi malam hari. Jadi mematuhi aturan lalu lintas dan menjaga keselamatan adalah tanggung jawab bersama yang harus dikedepankan, sehingga kecelakaan dapat dihindari,” kata dia.

Sony pun menyarankan, apabila pengguna jalan lain bertemu dengan pengemudi mobil seperti ini, lebih baik menjauh dan mengalah demi keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.