Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Buka Pintu Mobil Saat Parkir di Pinggir Jalan

Kompas.com - 28/09/2021, 15:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memarkirkan mobil di tepi jalan, aktivitas keluar dan masuk ke dalam kabin jadi hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai abai dengan kondisi sekitar.

Pasalnya, masih umum ditemukan pengemudi atau penumpang yang abai dan asal ketika membuka pintu mobil. Mereka tidak memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

Kejadian ini tidak jarang berujung pada kecelakaan. Sebab pengendara atau pengguna jalan lain akan terkejut dan tidak bisa mengantisipasi pintu mobil yang terparkir tiba-tiba terbuka. Besar kemungkinan akan terjadi benturan.

Baca juga: Faktor Honda Pede Targetkan 40.000 Unit All New BR-V di 2022

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan pun menjelaskan bahwa ada sejumlah poin penting yang harus diperhatikan saat hendak membuka pintu mobil yang diparkir di tepi jalan.

“Sebelum membuka pintu, sebaiknya melihat ke spion dan menengok ke belakang untuk memaksimalkan area pandang, sebelum membuka pintu kendaraan,” kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hati-hati buka pintuaripitstop Hati-hati buka pintu

Tidak hanya itu, ia juga menyarankan untuk membuka pintu mobil perlahan dan tidak langsung secara penuh, terutama jika situasi lalu lintas di sekitar tengah padat akan pengguna jalan lain.

Pengemudi atau penumpang bisa membuka pintu sedikit demi sedikit guna memastikan kondisi di belakang mobil aman. Jika dirasa sudah aman dan tidak ada pengguna jalan lain yang akan melintas di dekat mobil, pintu dapat dibuka lebih lebar secara perlahan.

Baca juga: Video Pajero Sport Minta Jalan Pakai Strobo dan Sirene di Tol

“Sebaiknya buka pintu sedikit dulu, lebih kurang 5 sentimeter dulu, untuk memastikan keamanan di sekitar,” kata Marcell lebih lanjut.

Dengan melakukan hal semacam itu, maka akan terbangun kesadaran bagi pengguna jalan lain yang akan melintas dari belakang mobil tersebut.

“Dengan begitu, pengendara lain bisa melakukan antisipasi atau menghindar. Dan setelah dipastikan aman pengemudi bisa membukanya lebih lebar dan keluar dari mobil,” ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com