Penyakit Pengendara Motor, Kerap Slonong Boy di Jalan Raya

Kompas.com - 22/09/2021, 19:01 WIB
Pengendara motor yang tidak melihat sekitar saat belok. Foto: Tangkapan layar Pengendara motor yang tidak melihat sekitar saat belok.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu penyakit pengendara sepeda motor ialah belok tanpa melihat kondisi terlebih dahulu. Padahal kejadian seperti itu cukup sering menimbulkan kecelakaan.

Salah satu perilaku "slonong boy" seperti itu terlihat dalam video yang diunggah Dashcam Owners Indonesia, terlihat pengendara motor berboncengan belok tanpa melihat keadaan.

Baca juga: Ini Syarat Perpanjangan STNK Lima Tahunan

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak terjadi kecelakaan, karena mobil yang sedang jalan lurus di jalurnya cukup sigap mengerem dan menghindar.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, sebelum belok pengendara motor sebaiknya melihat spion bahkan kalau perlu menoleh melihat situasi.

Pengendara motor yang jarang menoleh saat manuver adalah pengendara yang tidak paham keselamatan berkendara.

“Tabrakan bisa saja terjadi salah satunya karena adanya pengendara yang tidak paham rambu-rambu dalam bermanuver,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony mengatakan, pengendara motor model seperti itu tidak menghormati pengguna jalan lain.

Baca juga: Bahas Perbedaan Yamaha R15 v3 Vs R15 v4

Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Jajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

Bermanuver artinya mengambil jalan atau jalur orang lain, sehingga harus melihat, menyalakan lampu sein dan melakukan manuver saat sudah diberi kesempatan.

“Pengendara yang tidak menoleh saat manuver hanya mengandalkan hard skill. Padahal soft skill atau perilaku saat berkendara juga penting,” ucap Sony.

Jika tidak menoleh saat ingin belok, masih ada titik buta atau blind spot yang tidak terlihat. Sehingga akan rawan tersenggol dengan pengguna jalan lain jika tidak menoleh sebelum melakukan manuver.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.