Mulai Musim Hujan, Pengendara Motor Wajib Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 20/09/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan astramotor.co.idIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Walaupun belum begitu deras dan intens, sebagai pengendara Anda tetap harus waspada dengan jalan yang licin.

Terutama bagi pengendara sepeda motor, selain menjaga kondisi fisik juga harus memperhatikan perlengkapan saat berkendara.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor sebaiknya selalu membawa perkakas standar. Hal ini sebetulnya bukan hanya saat musim hujan saja, tetapi juga saat musim kemarau.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Begini Cara Hadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

“Perkakas standar ini biasanya disediakan oleh pabrikan motor, seperti oben plus dan min, kunci pas dan kunci busi. Sebagai persiapan jika menghadapi keadaan darurat,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, hal yang paling krusial adalah selalu membawa jas hujan di sepeda motor. Sebab, pengendara tidak akan tahu kapan waktu akan turun hujan, dan apakah kondisinya sedang terburu-buru atau tidak.

Ilustrasi jas hujanKompas.com/Donny Ilustrasi jas hujan
Soal pemilihan jas hujan, Agus menyarankan, pengendara motor untuk memilih model setelan (dua bagian) atas dan bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jas hujan model setelan lebih baik melindungi dari air karena menutupi hampir seluruh bagian tubuh. Di samping itu, jas hujan tipe ini juga lebih aman dan ergonomis, sehingga tidak mengganggu pergerakan pengendara,” kata dia.

Baca juga: Jajal Kymco X-Town 250i buat Touring, Berapa Konsumsi BBM-nya?

Terakhir Agus mengingatkan, pengendara motor tidak lupa mengecek kondisi ban untuk keselamatan di jalan raya. Cara paling mudah ialah dengan melihat kembangan ban atau Tread Wear Indicator (TWI). Jika sudah tipis jangan segan untuk ganti ban baru.

“Hal ini juga dilakukan agar daya cengkram ban tetap maksimal meski berkendara dalam kondisi jalan yang basah,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.