Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Musim Hujan, Pengendara Motor Wajib Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 20/09/2021, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Walaupun belum begitu deras dan intens, sebagai pengendara Anda tetap harus waspada dengan jalan yang licin.

Terutama bagi pengendara sepeda motor, selain menjaga kondisi fisik juga harus memperhatikan perlengkapan saat berkendara.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor sebaiknya selalu membawa perkakas standar. Hal ini sebetulnya bukan hanya saat musim hujan saja, tetapi juga saat musim kemarau.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Begini Cara Hadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

“Perkakas standar ini biasanya disediakan oleh pabrikan motor, seperti oben plus dan min, kunci pas dan kunci busi. Sebagai persiapan jika menghadapi keadaan darurat,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, hal yang paling krusial adalah selalu membawa jas hujan di sepeda motor. Sebab, pengendara tidak akan tahu kapan waktu akan turun hujan, dan apakah kondisinya sedang terburu-buru atau tidak.

Ilustrasi jas hujanKompas.com/Donny Ilustrasi jas hujan
Soal pemilihan jas hujan, Agus menyarankan, pengendara motor untuk memilih model setelan (dua bagian) atas dan bawah.

Jas hujan model setelan lebih baik melindungi dari air karena menutupi hampir seluruh bagian tubuh. Di samping itu, jas hujan tipe ini juga lebih aman dan ergonomis, sehingga tidak mengganggu pergerakan pengendara,” kata dia.

Baca juga: Jajal Kymco X-Town 250i buat Touring, Berapa Konsumsi BBM-nya?

Terakhir Agus mengingatkan, pengendara motor tidak lupa mengecek kondisi ban untuk keselamatan di jalan raya. Cara paling mudah ialah dengan melihat kembangan ban atau Tread Wear Indicator (TWI). Jika sudah tipis jangan segan untuk ganti ban baru.

“Hal ini juga dilakukan agar daya cengkram ban tetap maksimal meski berkendara dalam kondisi jalan yang basah,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com