Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 Finis Sepuluh Besar di San Marino

Kompas.com - 20/09/2021, 13:54 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) berhasil menambah poin untuk klasemen setelah salah satu pebalapnya finis sepuluh besar pada Moto2 San Marino di Sirkuit Misano, Italia.

Fabio Di Giannantonio melewati garis finis di urutan kesembilan. Pebalap tuan rumah yang akrab disapa Diggia itu start dari posisi kesembilan. Setelah bersaing ketat dengan banyak rivalnya, Diggia berhasil pertahankan posisinya hingga finis.

Baca juga: Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 Optimistis di GP San Marino

Selama 25 lap, Diggia sempat merosot dan keluar dari sepuluh besar pada tikungan pertama. Namun, dia beruntung tidak sampai senggolan dengan pebalap lain yang bisa menyebabkan terjatuh.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada Moto2 San Marino 2021Dok. FOGM2 Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada Moto2 San Marino 2021

Kemampuan Diggia menguasai motor dan mengenal baik sirkuit Misano berhasil memperbaiki posisi hingga akhirnya berada di posisi sembilan. Diggia terpaut 7,468 detik dari pemenang balapan, Raul Fernandez.

Diggia yang pada musim 2022 akan berkarir di kelas MotoGP bersama Gresini Racing mengakui hasilnya tak sesuai harapan, terutama mengingat seri ini dilakukan di kampung halamannya sendiri.

Baca juga: Federal Oil Gresini Moto2 Kumpulkan Poin Penting di Moto2 Aragon

"Saya berharap hasilnya lebih bagus di balapan, karena saat warm-up hasilnya sangat bagus. Tapi, saat balapan kali ini sangat cepat dan saya kehilangan beberapa poin karena mulai bersama saat awal balapan. Kita masih perlu penyesuaian di setelan motor, sehingga perlu kerja lebih keras lagi untuk mengembalikan ke level yang diharapkan," ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

Nicolo Bulega saat berlaga pada Moto2 San Marino 2021Dok. FOGM2 Nicolo Bulega saat berlaga pada Moto2 San Marino 2021

Sementara itu, rekan setimnya, Nicolo Bulega, finis di posisi ke-17. Pebalap yang juga tuan rumah ini mencoba bertahan agar tak terjatuh di lintasan.

"Dari data sudah terlihat jelas kami bisa dapat hasil seperti FP3, tapi saat balapan dan kami mengganti ban itu mengubah performa motor. Sangat disayangkan, karena di sesi warm-up bisa melaju bagus, tapi catatan waktunya dibatalkan. Mencoba bertahan di 10 besar, tapi di balapan kita terkendala dan cukup berisiko untuk melaju lebih kencang," kata Bulega.

Di klasemen sementara Moto2 2021, Diggia masih berada di peringkat ketujuh dengan total 108 poin. Sedangkan Bulega, sudah mengantongi 12 poin. Keduanya berupaya keras untuk bisa menambah poin di Moto2 Amerika yang akan digelar dua pekan lagi.

Nicolo Bulega saat berlaga pada Moto2 San Marino 2021Dok. FOGM2 Nicolo Bulega saat berlaga pada Moto2 San Marino 2021

Hasril Arsyad, Federal Oil Marketing General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, mengatakan, dirinya mengapresiasi performa kedua pebalap FOGM2 yang telah membalap dengan hati.

"Diggia kembali menujukkan konsistensinya dengan meraih posisi ke-9 dan masih bisa mempertahankan posisi di klasemen Moto2 2021," ujar Hasril

Hasril menambahkan, pihaknya yakin di seri berikutnya pada Moto2 Amerika, kedua pebalap tersebut bisa hasilkan poin lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com