Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Siap Pasok Listrik Pabrik Baterai Hyundai

Kompas.com - 20/09/2021, 09:12 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) siap memberikan pasokan daya listik bagi PT HKML Battery Indonesia, yang digadang-gadang menjadi pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara.

Pabrik baterai  yang merupakan proyek Hyundai Motor Group dengan LG Energy Solution tersebu, terletak di Karawang, Jawa Barat.

Agung Murdifi, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN mengatakan, cadangan kapasitas listrik di Jawa dan Bali saat ini sebesar 12 GW.

Baca juga: Bangun Pabrik Baterai, Indonesia Jadi Pusat Rantai Pasok Mobil Listrik

 

Cadangan tersebut diklaim sangat berlimpah dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dan industri.

Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chemhttps://www.caixinglobal.com/ Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chem

"PLN optimistis dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk industri, khususnya industri baterai. Saat ini PLN memiliki cadangan daya cukup besar, khususnya pada sistem kelistrikan Jawa-Bali," ujar Agung, dalam keterangan resminya, Minggu (19/9/2021).

Menurut Agung, PLN aktif melakukan komunikasi terkait pasokan listrik. Selain itu juga melakukan pembahasan perjanjian kerja sama dengan Kawasan Industri Karawang New Industy City (KNIC) sebagai lokasi pabrik HKML Battery Indonesia.

Rencananya, PLN akan memasok kebutuhkan listrik di KNIC dan HKML melalui dua tahap. Pertama sebesar 20,7 MegaVolt Ampere (MVA) dan 27,7 MVW, sementara tahap dua 110 MVA.

Guna memastikan pasokan listrik aman, PLN juga sedang mempersiapkan Gardu Induk Mekarsari berkapasitas 4×60 MVA), Gardu Induk Transheksa 2×60 MVA, dan Gardu Induk di dalam Kawasan Industri KNIC.

Baca juga: Pabrik Sel Baterai di Karawang Fokus Sedot SDM Lokal

Tak hanya itu, PLN juga memiliki berbagai jenis layanan yang dengan tingkat keandalan sesuai kebutuhan pelanggan, termasuk listrik premium dengan layanan listrik tanpa kedip.

Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLNKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLN

"Intinya kami pastikan, PLN siap siap menyediakan pasokan daya listrik yang berkelanjutan, aman, dan andal sesuai dengan timeline dan kebutuhan investasi bagi Kawasan Industri Karawang New Industry City (KNIC) pada umumnya dan HKML Battery Indonesia pada khususnya," ujar Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com