Yamaha YZF-R6 Tetap Dijual, Khusus buat Balap

Kompas.com - 17/09/2021, 14:41 WIB
Yamaha YZF-R6 tetap dijual untuk keperluan balap Dok. Asphaltandrubber.comYamaha YZF-R6 tetap dijual untuk keperluan balap

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Yamaha sudah mengumumkan akan menghentikan penjualan motor sport YZF-R6. Sebagai penggantinya, lahirlah YZF-R7.

Dikutip dari Asphaltandrubber.com, Jumat (17/9/2021), Yamaha Eropa menyebutkan hanya akan memenuhi permintaan untuk YZF-R6 khusus untuk kebutuhan balap. Namanya pun berubah menjadi YZF-R6 RACE.

Baca juga: Motor China Huaying R6, Jiplak Habis-habisan Yamaha R6

Secara spesifikasi, tidak ada perubahan. R6 masih mengandalkan mesin DOHC berpendingin cairan, 599 cc, 4-silinder, yang menghasilkan 116 tk pada 14.500 rpm dan torsi 61,7 Nm pada 10.500 rpm.

Yamaha YZF-R6 dengan komponen dari GYTRDok. Yamaha Motor Yamaha YZF-R6 dengan komponen dari GYTR

Tapi, semua perlengkapan agar motor tersebut legal dikendarai di jalan raya sudah dilepas, seperti dudukan pelat nomor dan spion. Untuk sistem penerangan, sepertinya masih dipertahankan.

Untuk mendukung kebutuhan balap, Yamaha juga sudah menyediakan YZF-R6 GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing) untuk 2022.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, paket GYTR tersebut akan disediakan dalam jumlah yang terbatas, meskipun tidak disebutkan berapa pastinya.

Baca juga: Yamaha Siapkan Motor Baru YZF-R7 Pengganti YZF-R6

Ada banyak komponen dari GYTR yang disematkan untuk membuat Yamaha R6 ini menjadi motor yang siap dipakai balap, mulai dari bodi, suspensi, knalpot, hingga ECU. Sayangnya, tidak disebutkan berapa kenaikan tenaga, torsi, dan bobot yang berkurang.

Yamaha YZF-R6 dengan komponen dari GYTRDok. Yamaha Motor Yamaha YZF-R6 dengan komponen dari GYTR

Untuk harganya, akan dibanderol 18.399 dollar AS atau sekitar Rp 262 jutaan. Yamaha akan mulai distribusi ke konsumen pada April 2022 mendatang.

Untuk diketahui, R6 tidak lagi diperdagangkan secara bebas di Eropa karena tidak lolos standar emisi Euro 5. Maka itu, motor ini dijual dengan status track-only alias khusus di trek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.