Rekor Baru Rossi Jelang Pensiun, Punya Rekan Setim Paling Banyak

Kompas.com - 17/09/2021, 10:42 WIB
Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021 Gold and GooseValentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Austria 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi belum selesai menciptakan rekor baru, jelang pensiun akhir musim ini. Rekor kali ini agak unik, karena bukan urusan prestasi tetapi pebalap dengan rekan setim paling banyak dalam satu musim.

Jadi, Andrea Dovizioso sudah resmi akan menjadi pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT). Dovi akan menjadi rekan setim Valentino Rossi yang kelima di musim ini.

MotoGP 2021 ini, Rossi bergabung dengan Petronas Yamaha SRT dan menjadi rekan setim Franco Morbidelli. Namun, pada MotoGP Belanda, dia cedera dan terpaksa sementara digantikan.

Baca juga: Rossi Komentari Debut Vinales bersama Aprilia

Pada MotoGP Belanda, Rossi mendapat rekan setim Garrett Gerloff, pebalap World Superbike (WorldSBK). Gerloff finis di posisi ke-17.

Garett Gerloff saat menggantikan Franco Morbidelli pada MotoGP Belanda 2021Gold and Goose Garett Gerloff saat menggantikan Franco Morbidelli pada MotoGP Belanda 2021

Pada MotoGP Styria dan MotoGP Austria, Yamaha memanggil Cal Crutchlow untuk menggantikan Morbidelli yang masih dalam tahap penyembuhan. Crutchlow finis di posisi ke-17 pada kedua seri tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada MotoGP Inggris, Crutchlow menggantikan Maverick Vinales yang sudah resmi berpisah dengan Monster Energy Yamaha MotoGP. Kali ini, Rossi mendapat rekan setim Jake Dixon yang merupakan pebalap Petronas Sprinta Racing dari kelas Moto2.

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino 2021, Balapan Perpisahan Rossi di Italia

Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP AustriaGold and Goose Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP Austria

Dixon menggantikan Morbidelli yang masih cedera selama dua seri, yakni pada MotoGP Inggris dan MotoGP Aragon. Pada MotoGP Inggris, dia finis pada posisi ke-19. Sedangkan MotoGP Aragon, Dixon gagal finis.

Jake Dixon saat menggantikan Franco Morbidelli pada MotoGP Inggris 2021Gold and Goose Jake Dixon saat menggantikan Franco Morbidelli pada MotoGP Inggris 2021

Untuk MotoGP San Marino hingga akhir musim nanti, Rossi akan ditemani oleh Andrea Dovizioso. Pebalap berusia 35 tahun itu tidak benar-benar asing dengan Yamaha.

Andrea Dovizioso resmi jadi pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing TeamGareth Harford Andrea Dovizioso resmi jadi pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team

Dovi pernah berada di tim satelit Monster Yamaha Tech3 pada 2012. Meskipun hanya satu musim, tapi performanya luar biasa. Dovi tercatat enam kali naik podium dengan finis di posisi ketiga. Dia juga berakhir pada peringkat keempat di klasemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.