Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia Mulai Dibangun, Ini Harapan Jokowi

Kompas.com - 15/09/2021, 13:45 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking atau peletakkan batu pertama pada pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021).

Melalui seremoni ini, maka proses pembangunan atas pabrik baterai kendaraan bermotor pertama di Indonesia ini resmi berjalan. Ditargetkan, pembangunan selesai pada semester pertama 2023.

"Kita patut bersyukur bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara dengan nilai investasi 1,1 miliar dollar AS," ujar Jokowi disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Pabrik Baterai Mobil Listrik Hyundai Akan Produksi Mulai 2024

Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chemhttps://www.caixinglobal.com/ Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chem

Dengan langkah strategis tersebut pula, Jokowi yakin masa depan nikel Tanah Air akan semakin cerah. Sekaligus, menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam melakukan hilirisasi industri.

Mengingat, Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia.

"Saya yakin 3-4 tahun ke depan melalui manajemen pengelolaan yang baik, Indonesia akan menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel," kata dia.

Komoditas nikel sejatinya memang bisa disulap menjadi barang jadi yang bisa menghasilkan nilai tambah. Misalnya, seperti baterai litihium, hingga baterai listrik.

Baca juga: Salah Kaprah Oli Ditambah Aditif untuk Tingkatkan Perfoma Mesin

Ilustrasi mobil listrik.The Guardian Ilustrasi mobil listrik.

"Hilirisasi industri nikel ini akan meningkatkan nilai tambah bijih nikel. Jika diolah dengan sel baterai, nilainya akan meningkat 6-7 kali lipat, dan jika diolah jadi mobil listrik, maka nilai tambahnya akan meningkat 11 kali lipat," lanjutnya.

Selain itu pengembangan industri baterai listrik akan meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi dari industri turunan yang menggunakan baterai seperti invesatsi motor listrik bus listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com