Konsumsi BBM Kia Sonet 7 Manual Beda Tipis dari LCGC

Kompas.com - 15/09/2021, 13:31 WIB
Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual KOMPAS.com/TyoKia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengusung mesin yang sama dengan varian tertinggi, Kia Sonet 7 Smart dengan transmisi manual ternyata memiliki kelebihan dari sisi konsumsi bahan bakar.

Berdasarkan hasil pengujian redaksi beberapa waktu lalu, ketika mengajak SUV murah asal Korea Selatan ini berkeliling di dalam kota hingga ke area Cikampek, konsumsi yang ditelannya tergolong irit.

Dengan total jarak tempuh 100 km dan gaya berkendara yang cenderung normal serta kecepatan bervariasi, berdasarkan informasi di MID, Sonet 7 Smart 6 percepatan manual ini mampu menorehkan rata-rata konsumsi BBM sebesar 17,8 kpl sampai 18,9 kpl.

Baca juga: Lapis Ganjil Genap, Kemenhub Kaji Aturan 4 in 1 di Kawasan Puncak

Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart ManualKOMPAS.com/STANLY RAVEL Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

Artinya, 1 liter bensin yang digunakan kurang lebih bisa membawa mobil menempuh jarak hingga hampir 19 km.

Tentu hal tersebut hasil yang cukup baik bagi sebuah SUV berkapasitas tujuh penumpang, bahkan lebih irit dari versi CVT-nya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun perlu dicatat, pengujian redaksi lakukan tidak dalam kondisi penumpang terisi penuh, karena bisa saja hasilnya berbeda lantaran bobot kendaraan bertambah.

Selain itu, acuan juga masih berdasarkan MID, bukan menggunakan metode full to full yang lebih realistis. Kondisi lalu lintas saat tancap gas ke luar kota juga cenderung lenggang sehingga memungkinkan laju mobil lebih konstan.

Untuk gaya berkendara, meski sesekali agresif guna merasakan performa di putaran atas, tapi selebihnya didominasi berkendara normal, apalagi ketika di dalam kota dengan rata-rata kecepatan 40 kpj.

Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart ManualKOMPAS.com/STANLY RAVEL Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

Rasio transmisi Sonet memiliki jarak yang pendek diputaran awal, hal ini membuat pengendara harus bergegas memindahkan kecepatan. Menariknya lagi, Kia membekali indikator shift gear pada MID untuk memberikan informasi kapan waktu perpindahan gigi yang tepat.

Baca juga: Impresi Geber Kia Sonet 7 Smart 6 Percepetan Manual

Fitur tersebut cukup membantu pengendara dalam melakukan shifting yang tentu berpengaruh pada efisensi BBM, karena tak membuat rpm naik terlalu tinggi.

Seperti diketahui, Kia Sonet 7 Smart 6 percepatan manual menggunakan mesin Gamma II DOHC berkapasitas 1.497 cc yang mampu memproduksi tenaga 113 tk dan torsi 144 Nm.

Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart ManualKOMPAS.com/Tyo Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

Meski tak seperti para rivalnya yang dibekali mesin turbo, namun perfoma yang disajikan masih cukup baik. Dipadukan dengan ragam fitur modern dan harga yang kompetitif, yakni Rp 245,5 juta, Sonet 7 Smart manual ini patut untuk dipertimbangkan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.