Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sok Santai Pegang Setir Mobil Tangan Satu, Bahaya

Kompas.com - 14/09/2021, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengemudi mobil yang suka terlena dengan kenyamanan kabinnya. Sehingga, terkadang menjadi terlalu santai dan memegang setir hanya dengan satu tangan.

Padahal, posisi tangan saat mengemudi sangat mempengaruhi keselamatan berkendara. Posisi tangan memegang setir saat mengemudi tidak bisa sembarangan.

Baca juga: Setir Terkunci dan Kunci Kontak Tidak Bisa Diputar, Jangan Panik!

Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Consulting (IDDC), mengatakan, ada tata cara yang harus diikuti saat memegang setir untuk meminimalisasi risiko saat terjadi kecelakaan.

Berkendara sambil berbicara di telepon genggam tanpa alat hands-free akan dikenakan sanksi denda 250 dollar Australia.ABC Berkendara sambil berbicara di telepon genggam tanpa alat hands-free akan dikenakan sanksi denda 250 dollar Australia.

"Menyetir menggunakan satu tangan dapat mengurangi respons sopir sewaktu mengemudikan mobil. Kondisi ini berefek pada lambatnya proses antisipasi," ujar Bintarto, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bintarto menambahkan, apabila hanya satu tangan memegang roda kemudi, maka potensi risiko akan meningkat. Sebab, kontrol dan komunikasi akan berkurang.

Baca juga: Sering Putar Setir Mobil sampai Mentok, Siap-siap Komponen Ini Rusak

pegang setir yang benarKompas.com/Fathan Radityasani pegang setir yang benar

Memegang setir mobil yang ideal adalah searah dengan posisi jarum jam. Tangan kiri berada di arah jam 9 dan tangan kanan berada di arah jam 3.

"Menyetir dengan kedua tangan akan membuat distribusi beban menjadi seimbang dan bisa mengurangi tingkat kelelahan ketimbang pakai satu tangan," kata Bintarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com