Belajar Cara Buka Tutup Gas yang Benar Naik Skutik

Kompas.com - 14/09/2021, 11:22 WIB
Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat. Foto: AHMJajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa mengendarai skuter matik (skutik) lebih mudah, karena tanpa perlu menarik tuas kopling dan pindah gigi secara manual. Pengendaranya cukup putar gas dan tarik tuas rem saja.

Anggapan tersebut tidak salah, tapi tidak baik juga jika disepelekan. Sebab, penting untuk mengetahui cara buka tutup gas yang benar, khususnya bagi pengendara pemula.

Baca juga: Begini Teknik Bawa Skutik Saat Melewati Turunan Panjang

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, pengendara pemula harus tahu saat buka tutup gas yang aman ketika menggunakan motor matik atau skutik.

Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Jajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

"Buka tutup gas pada skutik merupakan hal krusial. Kerap terjadi pemula panik dan justru 'membejek' gas. Pengaturan buka tutup gas juga penting supaya motor tidak 'nyelonong' saat turunan atau tanjakan, karena buka tutup gas yang tidak aman," ujar Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ada tiga hal terkait buka tutup gas yang harus diperhatikan pengendara pemula saat mengendarai skutik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Begini Jadinya jika BMW Bikin Skutik Petualang C 400 GS

Pertama, saat baru start atau jalan, usahakan untuk tidak membuka gas secara spontan, tapi lakukan bertahap, sampai kendaraan melaju dengan kecepatan stabil.

Duta Safety Riding melakukan praktik safety riding pada zona praktik di SMK Mitra Industri MM2100.ISTIMEWA Duta Safety Riding melakukan praktik safety riding pada zona praktik di SMK Mitra Industri MM2100.

Kedua, saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis. Sebab, jika ditutup habis, maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman.

Ketiga, untuk penggunaan rem, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem (depan dan belakang) secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.