Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Cara Buka Tutup Gas yang Benar Naik Skutik

Kompas.com - 14/09/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa mengendarai skuter matik (skutik) lebih mudah, karena tanpa perlu menarik tuas kopling dan pindah gigi secara manual. Pengendaranya cukup putar gas dan tarik tuas rem saja.

Anggapan tersebut tidak salah, tapi tidak baik juga jika disepelekan. Sebab, penting untuk mengetahui cara buka tutup gas yang benar, khususnya bagi pengendara pemula.

Baca juga: Begini Teknik Bawa Skutik Saat Melewati Turunan Panjang

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, pengendara pemula harus tahu saat buka tutup gas yang aman ketika menggunakan motor matik atau skutik.

Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Jajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

"Buka tutup gas pada skutik merupakan hal krusial. Kerap terjadi pemula panik dan justru 'membejek' gas. Pengaturan buka tutup gas juga penting supaya motor tidak 'nyelonong' saat turunan atau tanjakan, karena buka tutup gas yang tidak aman," ujar Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ada tiga hal terkait buka tutup gas yang harus diperhatikan pengendara pemula saat mengendarai skutik.

Baca juga: Begini Jadinya jika BMW Bikin Skutik Petualang C 400 GS

Pertama, saat baru start atau jalan, usahakan untuk tidak membuka gas secara spontan, tapi lakukan bertahap, sampai kendaraan melaju dengan kecepatan stabil.

Duta Safety Riding melakukan praktik safety riding pada zona praktik di SMK Mitra Industri MM2100.ISTIMEWA Duta Safety Riding melakukan praktik safety riding pada zona praktik di SMK Mitra Industri MM2100.

Kedua, saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis. Sebab, jika ditutup habis, maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman.

Ketiga, untuk penggunaan rem, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem (depan dan belakang) secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com