Cara Instan Tingkatkan Tenaga Mesin Mobil dengan Remap ECU

Kompas.com - 11/09/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi menyalip. KOMPAS.com / StanlyIlustrasi menyalip.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak pemilik mobil pribadi yang ingin memaksimalkan perfoma mesin mobil dengan cara instan. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan remap ECU (Electronic Control Unit).

Bisa dibilang ECU merupakan otak dari mobil modern yang dijual di pasar saat ini. Beberapa sistem penting pada mobil dikontrol melalui data yang disimpan dalam ECU. 

Lantas bagaimana jika data cara kerja mesin itu dirubah dengan metode remap ECU?

Baca juga: Yamaha FreeGo Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

Pada dasarnya, ECU mobil yang standar disetel oleh pabrikan dengan tingkatan batas tertentu, sehingga performa yang dihasilkan oleh mesin tidak semuanya keluar. Jika melihat tenaga yang dikeluarkan hanya sebesar 70 persen hingga 80 persen dari batasannya.

Dengan remap ECU pemilik kendaraan dapat melakukan kalibrasi ECU mobil atau proses setting ulang ECU menggunakan software tertentu pada komputer, demi menyesuaikan kebutuhan yang diinginkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Davin Elika, pemilik dari Elika Automotive Perfomance menjelaskan, remap ECU merupakan metode instalasi berupa ubahan software pada ECU bawaan mobil. Jadi, software standar akan diprogram ulang dengan model performance melalui instalasi komputer.

Proses remap ECUinstagram.com/elikaautomotive Proses remap ECU

“Remap ECU sebetulnya bukan hanya untuk menaikan perfoma mesin saja, namun bisa di-custom sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misalnya untuk menaikan tenaga, atau ada yang ingin mobilnya menggunakan oktan lebih rendah. Tetapi kalau mau naik power (tenaga mesin) otomatis harus menggunakan oktan yang lebih tinggi,” ucap Davin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Hal senada juga diungkapkan oleh Lung-Lung dari Dokter Mobil. Ia mengatakan, remap ECU merupakan proses mengganti angka setting mesin sesuai keinginan konsumen. Seperti turbo boost, injector timing, torque limiter, dan sebagainya.

“Remap ECU diubah melalui software, jadi mobil tampak standar tanpa ada alat tambahan. Tetapi dapat mengoptimalkan potensi mesin dari sisi tenaga dan power. Namun, setiap setting yang dilakukan itu ada limit atau batas aman dari ECU nya. Jadi tidak bisa dipaksa atau by pass,” kata dia.

Pasca melakuan remap ECU, biasanya bengkel tuner mengklaim mampu meningkatkan tenaga mobil hingga 10 persen. Seperti contoh Toyota Kijang Innova diesel bermesin 2.500 cc 2KD-FTV dengan setelan pabrikan mempunyai tenaga 102 Hp, maka setelah melakukan remap ECU mampu memperoleh tenaga 116 Hp.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.