Jangan Salah Pilih Lajur yang Paling Aman di Jalan Tol

Kompas.com - 10/09/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi: Jalan tol ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.Ilustrasi: Jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna jalan tol di Indonesia nampaknya masih tidak mengerti pembagian lajur yang ada. Padahal di jalan tol tertulis, kalau lajur kanan khusus untuk mendahului, tapi masih banyak yang diam di sana, bahkan kecepatannya lambat.

Lalu mengapa masih ada saja orang yang tidak memahami etika lajur di jalan tol?

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, banyak pengemudi yang beralasan kalau lajur kiri penuh dengan truk yang berjalan lambat. Jadi banyak yang memilih untuk tetap di lajur kanan.

Baca juga: Ganjil Genap di Puncak dan Sentul Resmi Berlaku

Ilustrasi jalan tol.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Ilustrasi jalan tol.

“Masalahnya, banyak pengemudi yang kurang teredukasi, mengingat mereka belajar mengemudi bukan dari tempat pelatihan,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika jalan tol memiliki tiga sampai empat lajur, tempat paling aman adalah di tengah. Marcell menjelaskan, jika berada di lajur tengah, bisa punya dua escape route jika ada kecelakaan, antara ke kiri atau kanan.

“Kalau kita di kanan kan escape route bila ada masalah di depan kan hanya ke sebelah kiri saja,” kata Marcell.

Baca juga: Sepupu Jauh Honda Vario 125 Resmi Meluncur

Selain itu, di lajur kanan juga sering terjadi tabrakan beruntun. Hal ini dikarenakan banyaknya pengemudi yang tidak menjaga jarak aman dan berkecepatan tinggi, sehingga rawan terjadi tabrakan beruntun.

Tabrakan beruntun memang biasanya di lajur kanan karena kecepatan tinggi ditambah tidak jaga jarak aman. Sehingga tidak punya jarak pengereman dan waktu reaksi yang cukup,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.