Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Serius Toyota Kembangkan Baterai Kendaraan Elektrifikasi

Kompas.com - 09/09/2021, 11:32 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menekan emisi gas buang CO2, Toyota berkomitmen terus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan melalui jajaran produk di segmen mobil hybrid dan listrik. Raksasa otomotif asal Jepang ini juga siap mengucurkan investasi untuk mewujudkannya.

Chief Technology Officer Toyota Motor Corporation (TMC) Masahiko Maeda mengatakan, dana sebesar 1,5 triliun yen atau setara Rp 195 triliun akan digelontorkan pada 2030 untuk pengembangan dan produksi baterai bagi kendaraan elektrifikasi.

"Jumlah investasi dalam pengembangan sistem pasokan baterai bersama RnD diperkirakan 1,5 triliun yen di 2030. Dengan membangun sistem untuk pengembangan dan pasokan, kami akan mempromosikan penyebaran kendaran listrik, termasuk Battery Electric Vehicle (BEV)," ucap Maeda dalam Media dan investor briefing terkait baterai dan netralisasi karbon yang dikutip dari Toyota Global, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Masih Banyak Pengemudi Minim Etika Saat Pindah Lajur di Jalan Tol

Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.CUTENK Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.

Lebih lanjut Maeda mengatakan, bicara kendaraan listrik, mobil dan baterai menjadi hal yang tak terpisahkan. Lantaran itu, sejak 1997 atau ketika Prius generasi awal dikenalkan yang hingga saat ini penjualan kumulatif HEV telah mencapai 18,1 juta unit, Toyota Group sudah berkomitmen memproduksi baterai.

Sementara untuk beradaptasi dengan masa depan, Toyota sudah bertekad berkontribusi pada pencapaian netralisasi karbon melalui peningkatan kemampuan beradaptasi.

Maeda mengatakan, Toyota siap mencoba berbagai langkah untuk memperluas opsi mencapai netralitas karbon, salah satunya mempersiapkan jajaran lengkap kendaraan elektrifikasinya.

Baca juga: Toyota Kembangkan Baterai Mobil Listrik Sendiri yang Lebih Murah

"Konsentrasi CO2 dunia telah meningkat sejak revolusi industri, kami ingin menyediakan produk yang berkelanjutan dan praktis yang bisa mengurangi emisi CO2 dengan tetap mempertimbangkan kenyamanan pelanggan di setiap wilayah," ujar Maeda.

BEV perdana Toyota di Indonesia, Lexus UX 300eToyota BEV perdana Toyota di Indonesia, Lexus UX 300e

"Dalam perjalanan menuju tujuan kami untuk mencapai netralitas karbon pada 2050, situasi energi dan infrastuktur di tiap wiliayah, serta persyaratan kepekaan, dan kenyamanan pelanggan akan terus berubah," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com