Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Kecelakaan sehingga Mobil Terbalik

Kompas.com - 09/09/2021, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang menimpa minibus berwarna putih di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kejadian tersebut diunggah oleh akun Instagram @merekamjakarta. Dalam video itu, terlihat mobil mengalami kerusakan pada bagian atap lantaran dalam posisi terbalik.

“Sebuah mobil terguling di Jalan HR Rasuna Said, tepatnya di dekat Halte Patra Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/9/2021) sekitar pukul 19.30 WIB,” tulis keterangan video tersebut.

Baca juga: Cara Setting Sendiri Arah Sorot Headlamp Mobil

Lantas, apa saja hal yang bisa menyebabkan mobil hingga terbalik saat kecelakaan?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menambahkan, ada tiga hal yang bisa menyebabkan kendaraan terbalik saat mengalami kecelakaan. Pertama yaitu fatigue, overspeed, dan berzig-zag.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

“Fatigue atau kelelahan bisa menyebabkan pengemudi mengalami microsleep sehingga bisa kehilangan kendali kendaraannya,” ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Menurut Marcell, microsleep memiliki periode dari mulai dua hingga 30 detik. Biasanya terjadi saat pengemudi melewati jalanan yang monoton.

“Saat pengemudi tidak sadar dalam waktu beberapa detik dalam kecepatan yang tinggi, itu bisa berbahaya,” ucap Marcell.

Baca juga: Konsekuensi Telat Ganti Oli Mobil, Boros BBM dan Mesin Cepat Panas

Selanjutnya yaitu overspeed atau kecepatan yang berlebihan. Overspeed bisa menyebabkan kendaraan hilang kendali, kemudian menabrak pembatas jalan atau terbalik bila melibas tikungan terlalu cepat.

Selain itu, kendaraan yang sudah menabrak pembatas atau kendaraan lain juga bisa membuat mobil terbalik.

Penyebab mobil terbalik yang terakhir yaitu berjalan zig-zag dalam kecepatan tinggi. Apalagi jika si pengemudi tidak memiliki kemampuan yang baik, mobil akan semakin sulit dikendalikan hingga menyebabkan terguling,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com