Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Cuci Mobil dengan Hidrolik Model X Bisa Merusak Knalpot?

Kompas.com - 09/09/2021, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencuci mobil perlu dilakukan secara rutin agar tampilan tetap terjaga dan mengurangi risiko cat kusam. Ada yang memilih untuk mencuci mobilnya sendiri di rumah, atau membawanya ke tempat cuci mobil.

Ketika mencuci mobil di tempat cuci, bisa ditemui hidrolik yang mengangkat mobil ke atas. Dengan begitu, bagian kolong dari mobil bisa ikut dibersihkan, bukan bagian bodi atasnya saja.

Namun, sebuah video yang diunggah akun indocarstyle di Instagram memperlihatkan kerusakan yang dialami mobil saat dicuci bagian kolongnya. Mobil tersebut diangkat dengan hidrolik model X yang seharusnya bertumpu pada titik dongkrak kendaraan.

Baca juga: Polisi Langsung Tilang Pelanggar Ganjil Genap, Dendanya Rp 500.000

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesia Cars Style (@_indocarstyle_)

 

Jika dilihat pada video tersebut, bagian knalpot mengalami kerusakan. Berdasarkan keterangan yang ditulis, bagian knalpot tadi malah dijadikan tumpuan, sehingga malah rusak.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, mencuci mobil menggunakan hidrolik model tersebut seharusnya tidak merusak komponen kendaraan, selama penempatannya benar.

“Kalau duduknya benar dan tidak mengenai bagian lain di bawah mobil, maka aman,” ucap Didi kepada Kompas.com, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Sering Putar Setir Mobil sampai Mentok, Siap-siap Komponen Ini Rusak

Jadi jika mencuci mobil dengan hidrolik model X, pastikan harus mengikuti dudukan dongkrak. Selain itu juga dudukan dongkrak tadi dilapisi dengan karet yang tebal untuk menghindari kerusakan.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan kalau model hidrolik X ini bisa merusak suspensi karena ban dalam posisi menggantung. Namun Didi tidak membenarkan hal tersebut, suspensi tetap akan tidak masalah walau kondisi ban menggantung selama diangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com