Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2021, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengklaim telah mengantongi beberapa dukungan dari Jepang terkait pembangunan proyek infrastruktur transportasi di Indonesia.

Salah satunya soal Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) mengenai Proving Ground sebagai fasilitas uji kendaraan terbesar di ASEAN yang didirkan di Bekasi, tepatnya di Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

"Saya sangat mengapresiasi hubungan kerjasama Indonesia - Jepang selama ini, khususnya di bidang transportasi. Apalagi baru saja kita peringati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang," ucap Budi dalam keterangan resminya, Selasa (7/9/2021).

Baca juga: Kemenhub Bilang Korea, Jepang, dan China Tertarik pada Proving Ground

Terkait Proving Ground, Budi mengatakan pihak Jepang memberikan respons dan antusiasme yang baik. Kondisi tersebut menunjukkan Indonesia memiliki kapasitas untuk membangun fasilitas uji kendaraan tersebut.

Proving Ground Uji Kendaraan di BekasiKemenhub Proving Ground Uji Kendaraan di Bekasi

Dengan adanya fasilitas uji kendaraan di Proving Ground yang akan dibangun pada lahan 90 hektare tersebut, nantinya Indonesia dapat melakukan ekspor kendaraan tanpa harus melakukan uji tipe di luar negeri lagi. Kondisi tersebut otomatis bisa memberikan penghematan.

"Kami terus melobi pihak Jepang agar penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau kandungan lokal pada setiap kerja sama yang dilakukan semakin meningkat," kata Budi.

Seperti diketahui, Proving Ground di Bekasi juga akan dilengkapi dengan ragam fasilitas modern, baik in-door atau out-door, dengan mekanisme pengujian berdasarkan standar United Nation Regulation (UNR).

Untuk in-door akan dilengkapi tujuh fasilitas pengujian, salah satunya adalah tes tabrak dengan standar R94 dan R95. Selain itu juga ada angkur sabuk pengaman, emisi gas buang, emisi suara, dan konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Mulai 2028, Semua Kendaraan Niaga Hyundai Punya Varian Hidrogen

Pengujian Turanza T005A di proving ground pabrik Bridgestone, di Karawang, Sabtu (12/5/2018).Bridgestone Indonesia Pengujian Turanza T005A di proving ground pabrik Bridgestone, di Karawang, Sabtu (12/5/2018).

Tak hanya Proving Ground, Budi juga menyampaikan bila Jepang juga menyatakan bakal mendukung optimalisasi Pelabuhan Patimban.

Hal tersebut akan dilakukan dengan mengajak industri otomotif dan operator pelabihan asal Jepang untuk memanfaatkan pelabuhan tersebut serta mendorong konsorsium agar segera menyelesaikan kesempatan membentuk joint venture.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com