Begini Teknik Bawa Skutik Saat Melewati Turunan Panjang

Kompas.com - 06/09/2021, 15:01 WIB
Touring Honda PCX 150 Foto: AHMTouring Honda PCX 150
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai skutik melewati jalan menurun di bukit atau turunan tajam perlu teknik yang mumpuni. Sebab engine brake motor matik tak sebesar motor dengan gigi.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, saat melewati jalan menurun sebaiknya tidak menutup habis throttle alias gas agar motor tidak menyolong.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Xpander Serba Merah di Thailand

"Untuk penggunaan motor matik pada kondisi jalan menurun sebaiknya tidak menutup habis throttle gas, karena jika gas tertutup sampai habis maka motor cenderung loss atau nyelonong disebabkan mesin tidak menahan motor," katanya kepada Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Touring Honda PCX di BaliAloysius Gonsaga AE/Kompas.com Touring Honda PCX di Bali

Untuk itu kata Agus, usahakan gas tetap terbuka sedikit agar mesin dapat membantu mengurangi kecepatan motor.

"Lalu tetap gunakan rem depan dan belakang untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan motor, penggunaan rem depan jangan terlalu dalam untuk mencegah roda depan tergelincir saat di jalan," katanya.

Baca juga: Mengenal Bodi Bus Medium Sonic MHD, Buatan Karoseri Anugrah

Hal ini dilakukan agar lebih efektif mengurangi laju perlambatan saat mengerem. Penting juga untuk tidak selalu mengerem setiap saat, namun pada saat-saat tertentu saja agar rem tidak cepat panas.

Pasalnya dalam kondisi tertentu, bisa terjadi fenomena vapor lock yang membuat kinerja rem menurun lantaran digunakan terus menerus.

“Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu berada di tuas rem kanan dan kiri,” ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.