Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Manfaat Tune Up untuk Mesin Mobil

Kompas.com - 31/08/2021, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tune up mobil adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan dalam upaya menjaga kondisi mesin tetap prima, tidak kurang satu apapun.

Secara umum, pengertian tune up adalah melakukan penyetelan ulang dan pembersihan semua komponen dan sistem yang ada di mesin mobil agar kembali seperti semula, bahkan mengalami peningkatan performa.

"Dengan melakukan tune up mobil secara rutin, akan meminimalisir banyak kerugian yang berpotensi muncul seperti mogok saat melakukan perjalanan jauh karena ada komponen rusak," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Awas, Pelanggar Ganjil Genap di Jakarta Bakal Ditilang

Mobil polisi Mazda6 yang sedang tune up di Elika Automotive PerformanceElika Automotive Performance Mobil polisi Mazda6 yang sedang tune up di Elika Automotive Performance

Adapun secara rinci, lanjut dia, tune up bisa menjaga performa mesin agar tenaga yang dihasilkan tidak mengalami penyusutan.

Perlu untuk Anda ketahui, tune up mobil ini hanya fokus pada bagian mesinnya saja, seperti transmisi minyak rem oli, power steering, bukan daya kelistrikan, pemindah daya, atau bahkan chasis.

"Dikarenakan hanya mengutamakan sektor dapur pacunya, maka proses yang dilakukan benar-benar optimal. Segala medan jalan pun bisa ditempuh secara mudah dengan mobil yang sudah di tune up," kata dia.

Kemudian, langkah tersebut juga bisa memastikan bahwa komponen filter udara tetap terjaga baik.

Pasalnya, seperti yang diketahui, kurangnya perawatan membuat filter udara menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga berpengaruh terhadap performa mesin.

"Selain filter udara, tune up juga berguna untuk pengecekan celah busi dan celah katup. Celah busi harus dibersihkan, sehingga menjaga besaran api yang keluar. Begitupun celah katup, harus disetel ulang agar kembali standar," ucap Imansyah.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini agar Klaim Asuransi Mobil Diterima

Ilustrasi perbaikan mobil di bengkel Auto2000Dok. Auto2000 Ilustrasi perbaikan mobil di bengkel Auto2000

Tune up mobil juga bisa membuat pemilik memastikan komponen mesinnya tetap stabil. Dengan kondisi komponen mesin mobil yang tetap stabil, maka komponen tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

"Ini juga merupakan salah satu solusi untuk memperpanjang usia pakai mobil karena performa mobil terjaga. Meski mobil Anda adalah keluaran tahun lama, namun saat digunakan tenaganya tetap terjaga secara baik," kata dia.

Manfaat tune up pada mobil yang terakhir ialah meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Hal ini sejalan dengan kepastian berbagai komponen pada dapur pacu beroperasi optimal, tidak ada kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com