Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Memahami Arti Rambu Lalu Lintas di Jalan Menurun

Kompas.com - 30/08/2021, 08:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di sejumlah wilayah dengan kondisi jalanan yang tidak datar alias penuh tanjakan dan turunan, peran rambu-rambu sebagai instrumen pendukung keselamatan lalu lintas sangatlah vital.

Salah satu rambu yang terkadang ditemui di jalanan menurun adalah rambu perintah yang memuat kalimat "Tes Rem Anda Sekarang" atau pun kalimat sejenisnya. Rambu tersebut memang memiliki tujuan yang benar untuk mengingatkan pengemudi dalam penggunaan rem di jalan tersebut.

Namun, kalimat pada rambu tersebut rawan menimbulkan minsinterpretasi atau kesalahpahaman bagi pengemudi kendaraan bertonase berat seperti bus dan truk. Hal ini dijelaskan oleh Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan.

Baca juga: Viral, Video Polisi Amankan Vespa Modifikasi Lebarnya Sebadan Jalan

"Di jalan menurun, bus dan truk sangat dilarang menggunakan rem utama, dalam hal ini rem pedal, dan harus menggunakan rem pembantu seperti engine brake dan exhaust brake. Ini agar risiko rem blong dapat dihindari," kata Wildan, Minggu (29/8/2021).

Rambu yang umum ditemui di jalanan menurunFatchur Sag / Mobilmo Rambu yang umum ditemui di jalanan menurun

Perlu diingat bahwa saat bus atau truk melaju di jalan menurun, kaki pengemudi wajib menghindari tindakan menginjak pedal apapun baik pedal rem, gas, maupun kopling.

"Rambu tersebut bisa menimbulkan interpretasi yang berbeda. Pengemudi bisa saja menggunakan rem utama di jalan menurun untuk memastikan rem tersebut berfungsi. Jika ini dilakukan pada bus atau truk dengan kondisi pada gigi transmisi tinggi, risiko rem blong akan sangat besar," ungkapnya lebih lanjut.

Baca juga: Pilihan Kijang Innova Bekas Kurang dari Rp 100 Juta

Meskipun sistem rem utama dalam kondisi baik, bahaya rem blong tetap mengintai. Sebab energi panas yang dihasilkan dari gesekan kampas dan tromol terlalu besar dibandingkan dengan ambang ketahanan suhu kampas rem tersebut.

Wildan berharap pemangku jabatan dan pengelola jalan yang masih memasang rambu bertuliskan "Test Rem Anda Sekarang" atau sejenisnya ini bisa mempertimbangkan penggunaan rambu dengan kalimat lain yang minim risiko misinterpretasi.

Contohnya seperti rambu bertuliskan "Turunan Tajam, Segera Pindah ke Gigi Rendah" lebih aman dan bisa mengurangi potensi kesalahpahaman bagi pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com