Kompas.com - 26/08/2021, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comFilter kabin mobil merupakan komponen penting namun kerap diabaikan. Padahal jika kabin mobil tercium bau tidak sedap, salah satu penyebabnya adalah filter kabin mobil yang sudah kotor.

Padahal kualitas udara yang ada di kabin juga merupakan hal yang bisa membuat pengemudi nyaman. Selain itu, filter kabin juga dapat menyaring berbagai partikel kotor dari luar kendaraan.

Bosch melalui divisi Automotive Aftermarket menghadirkan filter kabin Bosch Aeristo Premium yang diklaim mampu menyaring 98 persen partikel debu, polutan, bakteri dan virus dari luar kendaraan.

Baca juga: Ganjil Genap di Jakarta Diperpanjang, Belum Ada Sanksi Tilang

Ilustrasi filter kabin www.youtube.com Ilustrasi filter kabin

Filter premium ini dilapisi lapisan karbon aktif yang mampu menyerap dan menetralkan polusi dan bau tidak sedap yang terserap oleh kendaraan saat digunakan. Sehingga kualitas udara di kabin tetap tinggi walaupun di tengah kemacetan.

Arditya Wicaktama, Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan, di masa pandemi seperti saat ini, kualitas filter kabin mobil juga harus diperhatikan.

Filter kabin Bosch Aeristo Premium menggunakan material bermuatan elektrostatik yang mampu menghilangkan partikel halus dan polutan udara hingga sekecil 2,5 mikron,” ucapnya dalam acara Bosch Bengkel Talks 2, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Ketika Mobil Rombongan Presiden Jokowi Beri Jalan buat Ambulans

Arditya juga membandingkan kualitas udara pada kabin mobil saat memakai filter kabin bawaan dan milik Bosch dengan alat air quality meter. Hasilnya, Bosch berhasil menurunkan angka tingkat partikel berbahaya dari 0,52 menjadi 0,02.

“Filter kabin ini memiliki lapisan polifenol alami yang mencekal masuknya virus serta mencegah pertumbuhan bakteri. Sementara, lapisan karbon aktifnya menyerap dan menetralkan bau tak sedap serta gas berbahaya,” kata Arditya.

Selain itu juga ada lapisan anti-alergi bersifat anti-jamur yang mampu menyaring penyebab alergi (alergen) seperti bulu bulu hewan peliharaan, serbuk sari, dan spora jamur yang terbawa dalam udara.

Bagi yang ingin membuktikan keandalannya, Bosch Aeristo Premium sudah bisa didapatkan melalui e-commerce official Bosch dengan banderol Rp 200.000 sampai Rp 250.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.