Marquez Berkhayal, Bisa Bersaing Jadi Juara Dunia Jika Tidak Cedera

Kompas.com - 25/08/2021, 18:37 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, Marc Marquez masih belum mampu berbuat banyak di atas motor balap Honda RC213V miliknya. Dia bahkan baru meraih satu podium setelah 11 seri berlalu.

Podium tersebut adalah kemenangan saat MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring. Marquez memang terkenal sangat piawai di sirkuit yang banyak tikungan ke kirinya. Rekor kemenangannya di Sirkuit Sachsenring juga luar biasa.

Baca juga: Jarang Naik Podium, Marquez Makin Termotivasi

Tapi, selebihnya Marquez masih belum bisa juga naik ke atas podium di musim ini. Pada MotoGP Austria, pebalap Repsol Honda Team tersebut tampil sangat menjanjikan.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Marquez bisa bersaing dengan para pebalap di barisan terdepan. Namun, sayangnya cuaca hujan dan memaksanya untuk mengganti motor.

Setelah mengganti motor, Marquez terjatuh. Meski tetap bisa meneruskan balapan, dia hanya bisa finis di urutan ke-17.

Baca juga: Marc Marquez Minum Obat Pereda Nyeri Sebelum Balapan

Masalah yang terjadi bukan hanya karena cederanya saja. Tapi, RC213V musim ini juga mengalami kendala, khususnya pada grip ban belakang. Selain Marquez, tidak ada pebalap Honda lainnya yang berhasil naik podium.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Menurut saya, pra-cedera Marc bisa bersaing untuk gelar juara dunia dengan motor ini. Mungkin saya tidak bisa menang sebanyak di musim 2019, tapi saya bisa bersaing untuk gelar juara dunia dan sering berada di tiga besar," ujar Marquez, dikutip dari Motorsport.com, Rabu (25/8/2021).

Menurutnya, alasannya sederhana saja, yaitu saat balapan di trek di mana fisiknya membatasi, dia masih bisa tampil lebih baik.

Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.AFP/RONNY HARTMANN Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

"Tapi, saya tidak bisa melakukannya sendiri, motor pun juga harus membantu, dan itu tidak terjadi sekarang. Baik pada saya atau pada pebalap Honda lainnya. Sekarang, fisik saya mampu mengendarai motor, tapi tidak bisa melakukan keajaiban," kata Marquez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.