Jangan Asal, Begini Cara Aman Membawa Barang di Sepeda Motor

Kompas.com - 23/08/2021, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang mengandalkan sepeda motor sebagai alat transportasi untuk menemani aktivitas sehari-hari. Saat membawa barang menggunakan motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Perlu diingat, membawa barang berlebihan menggunakan motor dapat melanggar peraturan dan menyebabkan potensi bahaya. Sebab, ruang penyimpanan pada motor sangat terbatas, bahkan tidak sebesar kendaraan roda empat atau mobil.

Baca juga: Cara Benar Bawa Barang Bawaan di Motor

Maka itu, pengendara wajib memperhatikan faktor-faktor penting ketika membawa barang. Beberapa pengendara mengalami kecelakaan yang disebabkan lebihnya kapasitas barang bawaan yang dibawa saat mengendarai motor.

Pemudik motor terjebak macet di jalur alternatif Karawang-Cikampek, Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2014). Arus mudik ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur diperkirakan akan masih padat hingga H-1 Lebaran. KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Pemudik motor terjebak macet di jalur alternatif Karawang-Cikampek, Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2014). Arus mudik ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur diperkirakan akan masih padat hingga H-1 Lebaran.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma, mengatakan, pada dasarnya sepeda motor tidak didesain untuk membawa barang bawaan dalam jumlah banyak dan berat.

"Sebaiknya barang bawaan yang dibawa dengan batas yang wajar dan tidak mengganggu ketika berkendara baik untuk pengendara itu sendiri maupun orang lain,” ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Bawa Barang Terlalu Berat, Motor Bisa Terbalik

Ludhy menambahkan, apabila ingin membawa barang dengan motor, pengendara harus memperhatikan enam poin penting ketika membawa barang agar tetap aman dan nyaman, yaitu:

Ilustrasi: Kondisi arus balik pemotor yang melintas di Kalimalang, Rabu (20/6/2018)KOMPAS.com/Stanly Ravel Ilustrasi: Kondisi arus balik pemotor yang melintas di Kalimalang, Rabu (20/6/2018)

1. Bila barang berdimensi besar pastikan terikat kencang di jok belakang, disarankan agar dimensi barang yang dibawa tidak terlalu besar agar tidak membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lainnya.

2. Barang yang dibawa juga disarankan agar tidak menutupi lampu sein agar saat berbelok ke kanan atau kiri, pengendara lain dapat melihat lampu isyarat sein berikut.

3. Sangat disarankan barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara dan tidak lebih lebar dari setang kemudi agar tidak penutupi fungsi dari kaca spion.

“Pengemudi harus leluasa saat mengendarai sepeda motor maka tidak disarankan barang yang dibawa melebihi lebar setang kemudi dan menutupi pandangan pengendara terhadap kaca spion,” kata Ludhy.

Baca juga: Akhirnya Ngaku, Marc Marquez Pernah Takut Tangannya Tak Bisa Sembuh

Foto-foto driver GoJek mengangkut muatan besar seperti mesin cuci atau kulkas.Facebook: Jakarte Punye Cerite Foto-foto driver GoJek mengangkut muatan besar seperti mesin cuci atau kulkas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.